5 Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus pada Windows

  • Whatsapp
Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus pada Windows

Ketika kita ingin menghapus sebuah aplikasi atau program di PC kita, terkadang aplikasi tersebut tidak bisa dihapus. Padahal kita sudah klik “delete” dan muncul notifikasi bahwa aplikasi tidak bisa dihapus.

Terkadang hal ini terjadi karena aplikasi ini tidak bisa terdeteksi dalam control panel di menu Programs and Feature. Sehingga kita harus menemukan sendiri dimana lokasi program tersebut.

Tidak bisa menghapus aplikasi adalah hal yang umum terjadi dan kita bisa mengatasinya sendiri. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada Windows.

Namun sebelum kita berlanjut membahas bagaimana langkah-langkah terbaiknya, kita akan mencari tahu dahulu penyebab aplikasi tidak bisa dihapus.

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Terhapus

Aplikasi yang sudah tidak kita butuhkan tentu sangat ingin dihapus karena akan memberi ruang penyimpanan pada laptop kita.

Sayangnya ada beberapa aplikasi yang tidak bisa kita hapus padahal kita sudah klik tombol “delete” berkali-kali. Terkadang bahkan muncul aplikasi yang memberitahu kita tidak bisa menghapusnya.

Ada beberapa penyebab yang memungkinkan aplikasi tidak bisa dihapus. Penyebabnya seperti file corrupt, terkena virus dan aplikasi tersebut adalah bawaan dari laptop kamu.

Namun ada penyebab lain yang tidak kamu sadari adalah kesalahanmu sendiri seperti kamu mengizinkan aplikasi untuk menjalankan fungsi tertentu sehingga tidak akan bisa terhapus sebelum kamu sendiri menonaktifkannya.

Jika kamu lebih berhati-hati memberi izin pada aplikasi untuk melakukan fungsinya, maka hal ini tidak akan pernah terjadi.

Kebanyakan penyebab aplikasi tidak bisa dihapus adalah karena kesalahan pengguna. Bahkan hal ini bisa terjadi pada laptop dengan sistem Windows 7 sampai Windows 10.

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus Pada Windows 7 sampai 10

Jika kamu mengalami masalah tersebut, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus aplikasi tersebut.

Kamu bisa menggunakan software khusus yang didesain untuk menghapus aplikasi yang diinginkan. Software ini akan membantu kamu menemukan lokasi aplikasi yang ingin kamu hapus.

Software ini akan membantu kamu menghapus atau uninstall aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dihapus. Namun software ini tidak bisa untuk menghapus folder yang juga sama-sama sulit dihapus.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghapus aplikasi:

  1. Revo Uninstaller

    Revo Uninstaller
    Software Revo Uninstaller adalah salah satu software gratis yang bisa kamu gunakan untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa terhapus di laptop kamu.
    Kamu bisa download software ini secara gratis dan coba jalankan aplikasi ini. Jika software sudah terinstal, maka kamu bisa memilih menu “Uninstal” dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
    Kemudian kamu perlu pilih mode “advance” dan menyelesaikan uninstall aplikasi. Jika kamu mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh software ini, maka kamu bisa menggunakannya dengan mudah.

  1. Gunakan Safe Mode

    Gunakan Safe Mode
    Jika kamu ingin memanfaatkan fitur yang ada pada Windows, maka kamu bisa menggunakan safe mode untuk menghapus aplikasi.
    Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada Windows menggunakan safe mode adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows + R dan kamu akan otomatis masuk dalam menu System Configuration
  • Jika sudah masuk dan ada notifikasi, maka kamu bisa ketikkan “msconfig” lalu tekan OK
  • Jika berhasil, maka kamu bisa membuka tab “Boot” dan kamu akan menemukan beberapa menu di dalamnya.
  • Pastikan kamu sudah memilih “Boot Option” dan kamu bisa centang pada menu “Safe Boot”
  • Kemudian kamu klik opsi “Minimal” dan tekan OK
  • PC kamu akan otomatis restart dan akan masuk ke menu safe boot.
  • Lalu kamu bisa uninstall aplikasi seperti pada umumnya. Yang sebelumnya aplikasi tidak bisa dihapus, kini kamu bisa menghapusnya.
  • Lalu kamu masuk kembali ke menu System Configuration
  • Kemudian hapus tanda centang di menu Safe Boot lalu tekan OK

Cara ini tidak rumit dan kamu bisa melakukannya dengan mudah. Kuncinya ubah terlebih dahulu ke safe mode dan hapus aplikasi seperti biasanya.

  1. Control Panel

    Control Panel
    Control panel adalah kunci jika kamu ingin menghapus aplikasi yang tidak bisa terhapus dengan mudah di laptop kamu. Hampir semua orang berhasil menggunakan cara ini. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Start
  • Lalu pilih menu “Control Panel”
  • Kamu bisa pilih menu “Programs (Uninstal a program)”
  • Kemudian kamu cari aplikasi yang ingin dihapus
  • Jika sudah menemukan aplikasi, kamu bisa klik kanan dan pilih “Uninstal/change”
  • Jika ada notifikasi, kamu bisa tekan YES dan melanjutkan proses penghapusan.

Menggunakan control panel adalah cara yang mudah untuk menghapus aplikasi. Kamu tidak perlu lagi download software khusus untuk melakukannya.

  1. Aplikasi Unlocker

    Aplikasi Unlocker
    Jika dua cara menggunakan program bawaan laptop tidak bisa berfungsi, kamu bisa download aplikasi Unlocker. Aplikasi ini akan membantu kamu menghapus aplikasi.
    Unlocker adalah aplikasi yang di desain khusus agar bisa membantu kamu menghapus aplikasi yang sulit terhapus. Untuk menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah berikut ini caranya:

  • Download aplikasi Unlocker
  • Jika sudah maka install aplikasi dan buka aplikasi unlocker
  • Aplikasi Unlocker akan menyajikan semua program atau aplikasi yang ada di laptop kamu.
  • kemudian kamu bisa cari aplikasi yang sebelumnya tidak bisa terhapus
  • Kemudian kamu klik OK
  • Jika sudah akan muncul tab notifikasi. Selanjutnya kamu perlu membuka menu pada dropdown lalu pilih delete.
  • Tekan OK dan proses penghapusan aplikasi akan berjalan otomatis.

Aplikasi Unlocker tidak hanya berfungsi untuk menghapus aplikasi, namun kamu juga bisa menggunakannya untuk mengubah nama dan memindahkan aplikasi di laptop kamu.

  1. Gunakan Fixit Microsoft

    Gunakan Fixit Microsoft
    Untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa terhapus dengan cepat, kamu bisa menggunakan Fixit Microsoft. Ini adalah langkat terbaik jika kamu ingin segera menghapus aplikasi tersebut.
    Berikut ini cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada Windows menggunakan Fixit Microsoft:

  • Download dan install aplikasi Fixit Microsoft
  • Setelah itu akan muncul tab notifikasi dan kamu bisa pilih “Advance” lalu kamu bisa beri centang pada persetujuan. Kemudian klik “next”
  • Tunggu hingga proses selesai dan akan muncul tab selanjutnya.
  • Disini kamu bisa pilih “Uninstalling” dan tekan OK
  • Setelah itu akan muncul aplikasi atau program yang ada di laptop kamu. Pilih salah satu yang ingin dihapus lalu tekan “NEXT”
  • Kemudian akan muncul konfirmasi uninstall dan kamu bisa pilih “YES”
  • Tunggu proses hingga selesai
    Cara ini dinilai cukup efektif untuk menghapus aplikasi. Jika kamu ingin menghapus aplikasi tanpa repot, maka gunakan software ini.

Itulah 5 cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus pada Windows dengan software ataupun menggunakan fitur bawaan Windows.

Kamu bisa mencoba fitur bawaan Windows dan uninstall aplikasi. Namun jika masih tidak bisa berfungsi maka kamu perlu download software tambahan. Selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *