5 Cara Screenshot di MacBook

  • Whatsapp
Cara Screenshot di MacBook

Laptop menjadi salah satu device yang dibutuhkan oleh banyak orang dari berbagai usia maupun profesi. Mulai dari siswa sekolah, mahasiswa hingga pekerja kantoran maupun pebisnis, semua membutuhkan laptop untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan.

Selain itu, laptop juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya adalah cara screenshot di MacBook yang mempermudah pengguna untuk melakukan tangkapan layar untuk berbagai keperluan.

Kebutuhan akan laptop di tengah masyarakat yang semakin meningkat, membuat produsen laptop terus mengembangkan produk mereka. Tak mengherankan jika kemudian kita temukan banyak sekali jenis laptop dengan keunggulan dan harga yang sangat bervariasi.

Salah satu laptop yang banyak digemari oleh anak muda hingga orang kantoran adalah MacBook. Laptop ini memang memiliki spesifikasi yang sangat baik sehingga dapat digunakan untuk berbagai fungsi. MacBook dilengkapi dengan teknologi terbaru sehingga mampu dengan lancar menjalankan berbagai jenis software ringan hingga berat.

Screenshot Pada MacBook

MacBook memang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang akan sangat memudahkan pengguna dalam melakukan pekerjaan mereka. Pekerjaan kantor biasa yang membutuhkan Microsoft Office, bermain game, membuat desain grafis hingga pemrograman dapat dilakukan pada laptop MacBook.

Selain itu, salah satu fungsi lainnya juga tentunya dapat digunakan untuk menangkap tangkapan layar atau screenshot. Sayangnya, mungkin bagi Sebagian pengguna kesulitan untuk melakukannya. Di sini, kamu akan mengetahui bagaimana cara screenshot di MacBook dengan mudah.

Cara Melakukan Screenshot di MacBook

Cara Melakukan Screenshot di MacBook
Screenshot menjadi hal yang sering dilakukan bukan hanya pada smartphone, tapi juga bagi pengguna laptop, khususnya MacBook. Cara screenshot di MacBook sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan laptop lainnya dan mudah dilakukan.

Screenshot dapat dilakukan dengan berbagai tujuan seperti menunjukkan bukti transfer sesuatu, menunjukkan halaman chat kepada teman, menyimpan dokumen dalam bentuk foto dan lain sebagainya. Mengambil gambar tangkapan layar selama proses meeting virtual juga dapat menjadi alasan lainnya.

Ada beberapa jenis screenshot yang berbeda, yang dapat dilakukan oleh pengguna laptop, khususnya MacBook. Perhatikan beberapa jenis screenshot yang ada dan bagaimana cara melakukannya. Inilah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk screenshot di MacBook.

  1. Melakukan Screenshot untuk Seluruh Layar

    Jenis screenshot pertama adalah mengambil tampilan pada seluruh layar. Cara untuk melakukannya sangat simple, yaitu;

  • Langkah pertama adalah memastikan layar sedang menampilkan tampilan yang ingin kamu ambil. Dan pastikan pula untuk menampilkan semua jendela yang berhubungan terlihat dengan jelas dan baik.
  • Tekan tombol Command + Shift + 3 secara bersamaan hingga terdengar suara klik yang biasa kita dengar saat memotret. Hasil yang akan didapatkan ada screenshot gambar seluruh layar pada laptop.
  • Untuk melihat hasil screenshot, carilah file screenshot tersebut pada file ‘Desktop’ pada Document. Cari sesuai dengan waktu pengambilan screenshot tersebut.
  1. Screenshot untuk Sebagian layar

    Selain dapat menangkap tampilan layar sepenuhnya, kamu juga bisa menangkap tampilan layar Sebagian. Jadi hanya bagian tertentu dari layar yang ingin kamu screenshot. Berikut beberapa langkah yang harus kamu ikuti;

  • Tekan tombol Command + Shift + 4 pada keyboard laptopmu. Kemudian, kursormu akan berubah menjadi kotak seperti bingkai garis tipis.
  • Selanjutnya, arahkan kotak bingkai tersebut pada gambar layar yang ingin kamu pilih. Jika kamu sudah klik bagian yang kamu inginkan, kotak bingkai tipis akan berubah menjadi kotak kelabu. Jika kamu perlu mengatur ulang Kembali bagian yang ingin kamu tangkap, kamu bisa menekan tombol ‘esc’, kursor kemudian akan Kembali seperti semula.
  • Jika sudah pasti dalam memilih bagian gambar yang ingin ditangkap, maka klik mouse hingga bunyi klik jepretan kamera terdengar. Itu berarti, screenshot telah berhasil dilakukan.
  • Hasil screenshot yang telah kamu lakukan secara otomatis akan tampil pada Dekstop di layar laptopmu. Penamaan file akan dilengkapi dengan waktu pengambilan screenshot tersebut.
  • Langkah terakhir, kamu sudah langsung bisa menggunakan gambar yang telah kamu ambil. Atau kamu juga bisa mengedit Kembali sesuai yang kamu inginkan.
  1. Menyimpan dan Menyalin Screenshot dari Clipboard

    Jenis screenshot ketiga yang dapat pengguna MacBook lakukan adalah menyimpan screenshot pada clipboard, kemudian mengkopinya ke aplikasi yang sesuai seperti Pengolah kata, pengolah angka atau email. Berikut cara screenshot di MacBook dan menyimpannya di Clipboard.

  • Tekan tombol Command + Control + Shift + 3 secara bersamaan pada keyboardmu. Berbeda dengan cara sebelumnya, dengan menekan tombol-tombol tersebut secara bersamaan, kamu anak screenshot layar dan menyimpannya pada clipboard. Jadi tangkapan layar yang telah kamu ambil tidak langsung tersimpan secara otomatis dalam bentuk file di Desktop. Melainkan tersimpan sementara pada Clipboard.
  • Setelahnya, tekan Command + V secara bersamaan atau dengan klik kanan pada mouse, klik Edit dan Paste pada aplikasi yang Anda inginkan seperti aplikasi Pengolah Kata atau Angka, atau mungkin pada aplikasi chat seperti WhatsApp atau Email.
  • Akhirnya, screenshot yang telah kamu ambil akan muncul setelah kamu menekan pilihan Paste. Kamu bisa menggunakan screenshot tersebut sesuai yang kamu inginkan.
  1. Melakukan Screenshot Pada Halaman/Jendela yang Terbuka

    Jenis screenshot selanjutnya adalah menangkap tampilan layar pada jendela yang terbuka saja. Kamu juga bisa memilih jendela/halaman mana saja yang ingin kamu screenshot. Tentu kamu biasa membuka lebih dari satu jendela pada saat menggunakan laptop. Di bawah ini, kamu akan tahu bagaimana cara screenshot pada jendela yang terbuka.

  • Tekan tombol Command + Shift + 4 secara bersamaan. Perintah tersebut akan menampilkan kotak jendela yang telah diblok kemudian kursormu akan berubah menjadi ikon kamera kecil. Gunakan Spacebar untuk menentukan jendela mana yang ingin kamu screenshot.
  • Kamu juga bisa menggunakan Command + Tab untuk memilih dan mengatur semua halaman/jendela yang terbuka. Selain itu, F3 juga bisa digunakan untuk mengatur perintah yang sama.
  • Tekan Esc untuk membatalkan perintah dan mengembalikan kursor seperti semula.
  • Jika kamu sudah menentukan jendela mana yang akan di screenshot, klik pada mouse hingga bunyi kamera terdengar. Temukan file screenshot pada Desktop.
  1. Screenshot Menggunakan Grab Utility

    Cara screenshot di MacBook juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang sudah tersedia yaitu Grab. Inilah beberapa langkah yang harus dilakukan:

  • Open Applications -> Utilities -> Grab.
  • Klik pilihan Capture, dan kamu akan menemukan beberapa pilihan untuk melakukan screenshot.
  • Pilih Screen atau klik Apple Key + Z untuk screenshot seluruh layar.
  • Pilih Selection untuk screenshot Sebagian layar.
  • Pilih Window untuk screenshot jendela spesifik yang kamu inginkan.
  • Setelahnya, klik Save untuk menyimpan hasil screenshot yang telah dilakukan.

Itulah beberapa cara screenshot di MacBook yang bisa kamu pilih. Cukup simple dan bervariasi karena ternyata ada beberapa jenis screenshot yang bisa dilakukan dengan mudah. Sekarang, saatnya kamu mempraktikkan cara-cara tersebut di atas pada laptopmu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *