Kategori
Aplikasi

Daftar 6 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Pengguna Smartphone

Video merupakan hasil rekaman gambar yang diambil melalui kamera untuk mengabadikan momen tertentu. Berkat kemajuan teknologi saat ini telah tersedia beragam perangkat lunak untuk mengedit video. Adapula aplikasi edit video terbaik yang dapat digunakan pada smartphone android.

Daftar Aplikasi Edit Video yang Terbaik

Saat ini, untuk menghasilkan video yang berkualitas tinggi tidak lagi memerlukan software atau perangkat lunak dengan spesifikasi tinggi. Anda dapat mengedit video secara mudah melalui aplikasi yang dapat diunduh pada perangkat seluler meskipun Anda tidak memiliki kemampuan profesional.

Namun mengedit video menggunakan berbagai fitur seperti memotong, menambahkan video, memberikan efek dan suara dapat dilakukan hanya dengan melalui aplikasi. Berikut ini daftar aplikasi terbaik untuk mengedit video melalui smartphone Android:

  1. FilmoraGo

    FilmoraGo
    Aplikasi edit video untuk pengguna Android yang pertama adalah FilmoraGo. Aplikasi FilmoraGo dikembangkan oleh Wondershare Technology Co., Limited, yang dirilis pada 14 Desember 2015. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 50 (lima puluh) juta kali di Playstore.
    FilmoraGo merupakan aplikasi edit video dan video maker terbaik yang dapat diunduh secara gratis yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. FilmoraGo mengklaim telah memiliki fitur terbanyak dibandingkan aplikasi edit video lainnya.
    Anda dapat menemukan lebih dari 1000 musik dengan lebih dari 5000 stiker dan template yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menghasilkan video luar biasa. Anda juga dapat memotong atau memangkas video serta menggabungkan banyak video menjadi satu.
    Aplikasi FilmoraGo banyak digemari oleh Youtuber untuk mengedit video karena memiliki resolusi yang tinggi dengan hasil layaknya editan profesional namun mudah digunakan.

  1. PowerDirector

    PowerDirector
    Aplikasi edit video selanjutnya yaitu PowerDirector yang dikelola oleh Cyberlink Corp dan dirilis sejak 4 Juni 2014. Aplikasi PowerDirector telah diunduh lebih dari 100 (seratus) juta kali oleh pengguna melalui Playstore.
    PowerDirector dapat digunakan oleh semua merek smartphone Android karena memiliki ukuran file yang tidak terlalu besar yaitu hanya 86,02 MB.  Fitur yang paling digemari oleh pengguna dari aplikasi PowerDirector adalah fitur video green screen yang dapat digunakan dengan mudah.
    Video green screen adalah proses pengambilan gambar atau video dengan latar belakang berwarna hijau. Fitur green screen banyak digunakan pada video atau film yang menggunakan efek spesial atau CGI.
    Anda dapat menggunakan fitur edit profesional untuk menghindari iklan dan menghilangkan watermark. Namun fitur tersebut memiliki biaya langganan yang harus dibayar per bulan atau per tahun.

  1. KineMaster

    KineMaster
    KineMaster merupakan aplikasi edit video yang diklaim sebagai aplikasi terbaik dan mudah digunakan. Aplikasi KineMaster dikembangkan oleh KineMaster Corporation dan dirilis pada 26 Desember 2013.
    Aplikasi KineMaster dapat diunduh secara gratis melalui Playstore, dan tercatat telah diunduh sebanyak lebih dari 100 (seratus) juta kali oleh pengguna. Ukuran file dari aplikasi KineMaster juga cukup kecil yakni sekitar 66,96 MB saja.
    Pembaruan fitur telah sering dilakukan oleh aplikasi KineMaster demi kepuasan pengguna, seperti menambahkan alat Slip sehingga dapat menyesuaikan posisi awal dan akhir pada video namun tidak merubah durasi video.
    Fitur-fitur lainnya yang dimiliki oleh KineMaster yaitu 2500 lebih efek transisi, penambahan suara, animasi, impor dan ekspor file, memotong dan memangkas video serta fitur lainnya. Keunggulan aplikasi KineMaster adalah dapat mengimpor file dari berbagai media yang berbeda dengan mudah.

  1. Quick

    Quick
    Aplikasi edit video terbaik selanjutnya adalah aplikasi Quick, sebuah aplikasi editing video terbaru yang dikelola oleh Pristaninfo dan dirilis pada 25 Maret 2021. Aplikasi Quick memang baru dirilis akhir-akhir ini namun telah diunduh lebih dari 100 (seratus) ribu kali oleh pengguna.
    Aplikasi quick menawarkan hasil editing video yang dapat disimpan dalam berbagai format besar yaitu 720 pixel dan 1080 pixel.  Anda juga dapat langsung membagikan hasil editing video ke berbagai media sosial secara mudah.
    Quick dapat Anda unduh melalui Playstore secara gratis dan keunggulan lainnya yaitu tidak memiliki iklan. Sehingga Anda tidak akan terganggu saat melakukan proses editing video menggunakan aplikasi Quick.

  1. VivaVideo

    VivaVideo
    VivaVideo merupakan aplikasi editing dan pembuatan video terbaik yang dapat diunduh melalui smartphone android. Aplikasi VivaVideo dirilis pada 21 Maret 2013 oleh perusahaan QuVideo Inc. Video Editor & Video Maker App.
    Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 (seratus) juta kali oleh pengguna di Playstore. VivaVideo dirancang untuk membantu pengguna menghasilkan video yang terlihat profesional melalui perangkat selular Android.
    VivaVideo menyediakan berbagai fitur diantaranya ratusan efek, filter, dan stiker yang dapat ditambahkan pada video Anda. Keunggulan yang disukai oleh pengguna dari aplikasi VivaVideo yaitu fitur slow motion.
    Fitur slow motion merupakan fitur yang dapat membuat video bergerak dengan lambat (slow), sehingga memberikan kesan atau efek dramatis pada video Anda. Tren video slow motion juga sempat populer di kalangan anak muda di berbagai media sosial.

  1. Inshot

    Inshot
    Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan sebagai aplikasi edit video paling baik adalah Inshot. Inshot merupakan aplikasi edit video yang dikelola oleh Inshot Video Editor dan dirilis pada 5 Maret 2014.
    Inshot juga termasuk dalam aplikasi edit video populer sebab telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali oleh pengguna berdasarkan data dari Playstore. Aplikasi Inshot juga memiliki ukuran file yang kecil yaitu hanya sebesar 43,94 MB.
    Anda bisa menambahkan emoji pada video Anda menggunakan aplikasi Inshot, dan tambahan efek maupun animasi lainnya. Fitur yang tak kalah keren dari Inshot yaitu split video, memangkas video, menyisipkan video dan merubah latar musik secara mudah dengan hasil layaknya profesional.

Tips Memilih Aplikasi Edit Video

Bagi Anda pengguna smartphone Android, sebaiknya Anda perlu mengetahui tips dan trik sebelum memilih aplikasi edit video yang akan digunakan. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menghindari aplikasi tidak bekerja maksimal karena perangkat yang tidak mendukung.

Berikut ini beberapa tips untuk memilih aplikasi edit video yang sesuai:

  • Periksa dan pastikan versi Android pada perangkat smartphone Anda, pastikan versi Android Anda kompatible untuk aplikasi yang akan Anda pilih.
  • Perhatikan ukuran RAM pada smartphone Anda, apabila ukuran RAM smartphone terbilang kecil, maka Anda perlu mencari aplikasi dengan ukuran file yang kecil. Ukuran file yang terlalu besar dapat memberatkan perangkat selular Anda.
  • Pastikan fitur-fitur editing yang Anda butuhkan tersedia pada aplikasi edit video yang akan Anda pilih
  • Ketahui rating dan penilaian terhadap aplikasi sehingga Anda dapat memilih aplikasi edit video yang memiliki penilaian baik.

Itulah beberapa aplikasi edit video terbaik yang dapat Anda coba unduh dan gunakan hanya melalui perangkat smartphone Anda. Dapatkan informasi menarik dan terbaru lainnya di situs kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *