Beberapa Perbedaan Windows Dan Linux

  • Whatsapp
Perbedaan Windows Dan Linux

Kalau orang berbicara mengenai program atau sistem operasi komputer itu pasti orang hanya tahu Windows saja, padahal ada Linux juga. Perbedaan Windows dan Linux itu cukup besar dan juga mendasar, jadi kita meskipun sama-sama OS tapi keduanya berbeda. Namun belakangan ini Linux itu semakin dikenal karena ada versi desktop dan juga HP yakni Android yang menggunakan Linux.

Ada banyak hal yang menjadi perbedaan dari kedua sistem operasi ini, dan menurut kami kita harus mengetahui perbedaan dari keduanya. Sebenarnya dari beberapa sisi memang bisa menunjukkan betapa berbedanya antara Windows dan juga Linux sebagai sistem operasi. Jadi mari kita simak beberapa perbedaan dari beberapa sisi.

Awal Mula Windows Dan Linux

Berikut ini informasi awal mula Windows dan juga Linux

  1. Windows

    Awal Mula Windows
    Windows itu sebenarnya adalah sebuah revolusi dari sistem operasi sebelumnya yakni adalah MS Dos yang tidak memiliki grafik. MS Dos itu adalah sistem operasi yang menggunakan antar muka command line dengan basis teks, jadi murni hanya teks saja. Windows 1 muncul berdasar MS Dos dan masih bergantung pada MS Dos, karena hanya memberi tampilan grafik pada MS Dos.
    Setelah versi pertama itu kemudian Windows mulai membuat versi selanjutnya dan kemudian menjadi sebuah sistem operasi yang mandiri. Sehingga pada versi berikutnya sudah tidak tergantung pada MS Dos lagi dan sudah memiliki sistem tersendiri. Dan kemudian Windows menjadi satu sistem operasi dengan grafik yang terbaik.

  1. Linux

    Awal Mula Linux
    Linux sedari awal memang dibuat menjadi sistem operasi open source yang terinspirasi oleh UNIX pada tahun 1991. Sedari awal Linux sendiri tidak dikembangkan oleh satu perusahaan, akan tetapi oleh user, itulah perbedaan Windows dan Linux. Sama seperti Windows awalnya itu hanya berbasis teks saja, akan tetapi sekarang sudah menggunakan GUI untuk setiap pekerjaannya.
    Linux sendiri sedari dulu digunakan oleh beberapa perangkat khusus seperti misalnya server, Desktop, game console, sistem keamanan, dan masih banyak lagi. Sehingga memang jarang sekali dipakai untuk beberapa perangkat populer sekarang ini, akan tetapi beberapa menggunakannya. Ini karena Linux sendiri bisa dibilang lebih aman dari virus yang berbahaya.

Perbedaan Windows dan Linux

Kalau berbicara mengenai kedua sistem operasi yang besar ini tentunya memang ada perbedaan yang sangatlah besar. Namun mungkin tidak banyak orang yang tahu apa saja sih perbedaannya, sehingga tidak tahu juga kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa perbedaan di antara keduanya yang mungkin perlu kita pahami bersama.

  1. Lisensi

    Perbedaan pertama adalah lisensi yang tentunya akan berhubungan dengan harga untuk mendapatkan lisensi tersebut. Windows sendiri merupakan salah satu sistem operasi komersial yang dibuat oleh Microsoft dan yang kode programnya dilindungi. Jadi hanya developer internal yang bisa mengakses dan mengembangkan sistem operasi Windows, dan untuk menggunakannya harus menggunakan lisensi.
    Jadi sebenarnya apabila ingin menggunakan Windows itu Anda perlu sekali untuk membeli lisensi dari Windows tersebut sebenarnya. Banyak orang yang sekarang ini menggunakan Windows tanpa membeli lisensinya, sehingga itu adalah bajakan sebenarnya. Jadi itu adalah sistem operasi ilegal yang dipasang.
    Sebaliknya Linux adalah open source yang kodenya malah dipublikasikan, jadi setiap orang bisa menggunakan, memodifikasi dan mengembangkannya. Kebebasan Linux ini yang sering kali menjadi salah satu daya tarik, sehingga beberapa orang menggunakan sistem operasi ini. Dan karena bebas tentu tidak ada lisensi dan tidak perlu membayar untuk menggunakannya dan itulah perbedaan Windows dan Linux.

  1. Penggunaan

    Perbedaan berikutnya bisa terlihat dari penggunaannya, di mana Windows itu digunakan untuk perangkat seperti komputer, laptop, mobile device. Sebenarnya ada juga server dengan Windows akan tetapi tidak banyak karena alasan ketahanan dan juga keamanannya yang kurang. Sehingga biasanya hanya dipakai untuk perangkat pengguna langsung yang tentunya lebih bersahabat dan mudah digunakan.
    Sementara kalau Linux itu dari awal memang diciptakan untuk server, sehingga banyak sekali server yang menggunakan Linux. Bahkan sebagian besar infrastruktur internet dan juga jaringan itu akan menggunakan sistem Linux. Perkembangannya bisa digunakan juga di Smartphone yakni adalah Android.

  1. Fokus User

    Dari sisi user pun kedua sistem operasi ini menargetkan pengguna yang berbeda, di mana Windows menargetkan pengguna casual. Jadi biasanya membantu orang dalam pekerjaan mereka dengan GUI yang memudahkan untuk dipergunakan dan juga dioperasikan. Kalau Linux sendiri memang targetnya itu adalah para Programmer dan juga developer aplikasi dan software.

  1. Kestabilan

    Perbedaan berikutnya adalah dari sisi kestabilan, di mana Windows sendiri sering sekali mengalami eror salah satunya Bluescreen. Lalu juga semakin lama digunakan Windows akan semakin lambat, sehingga perlu dilakukan instal ulang untuk memperbaikinya. Nah di Linux Anda tidak akan mengalami hal seperti ini, sehingga dinilai jauh lebih stabil dari Windows.

  1. Keamanan

    Lalu perbedaan yang selanjutnya adalah dari sisi keamanan, di mana kalau Windows pasti membutuhkan anti virus untuk menjaga. Perbedaan Windows dan Linux dari sisi keamanan ini adalah karena sistem keamanan Linux dikembangkan oleh banyak orang. Sementara Windows hanya beberapa orang, sehingga memang lebih rentan terkena virus.

  1. Perlakuan Huruf

    Perbedaan dari keduanya lagi itu adalah soal perlakuan huruf, di mana Windows tidak memandang perbedaan huruf kapital dan biasa. Sementara Linux itu memiliki sifat case sensitive sehingga huruf besar dan kecil akan dianggap berbeda. Ini berlaku untuk setiap Environment di Linux yakni nama file sampai dengan perintah.

  1. Dukungan Hardware

    Perbedaan yang berikutnya yakni adalah soal dukungan hardware, di mana kalau memakai Windows pasti semua hardware akan bisa dipasang. Ini dikarenakan memang para pembuat hardware itu fokusnya pada pengguna Windows, jadi kebanyakan sudah menyiapkan driver untuk Windows.
    Sementara karena Linux berfokus pada server, maka untuk perangkat baru sepertinya driver belum dibuat jadi ada masalah pada kompatibilitasnya. Ini karena pembuat hardware tidak membuat driver untuk Linux, sehingga memang tidak bisa untuk dipasang alat-alat tersebut. Paling hanya mengandalkan komunitas untuk membuat driver.

  1. Cara Instal Aplikasi

    Perbedaan yang terakhir itu bisa terlihat dengan jelas dari bagaimana cara kedua sistem operasi ini menginstal aplikasi. Di mana untuk Windows itu biasanya Anda harus download file aplikasi tersebut secara manual dari penyedia aplikasi tersebut. Kemudian melakukan instal di perangkat kemudian mengaktifkannya kalau ada lisensi, meski sudah ada Microsoft Store namun belum optimal.
    Sementara kalau Linux itu untuk instal itu langsung melalui satu aplikasi package manager, dan bisa instal dengan sekali klik. Konsep ini adalah yang dipakai di Android karena secara mendasar Android sendiri menggunakan basic Linux ini. Jadi cara instal aplikasi itu menjadi perbedaan Windows dan Linux secara mendasar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *