Cara Cek Saldo e-Toll di HP

Sobat Wagomu, saat ini teknologi semakin berkembang pesat, termasuk dalam hal pembayaran tol yang semakin mudah dan praktis. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pembayaran tol adalah melalui aplikasi e-Toll yang ada di hp kamu. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara cek saldo e-Toll di hp kamu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang saldo yang tersisa di kartu e-Toll kamu. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pendahuluan

Sebelum kita memulai, pastikan kamu sudah mendownload dan menginstal aplikasi e-Toll di hp kamu. Pastikan juga kamu sudah memiliki akun yang terdaftar di e-Toll. Jika semua persiapan sudah siap, kamu bisa langsung mengikuti langkah berikut ini:

Read More

1. Buka Aplikasi e-Toll

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi e-Toll di hp kamu. Cari dan klik ikon aplikasi e-Toll yang ada di layar utama atau di dalam folder aplikasi.

Langkah kedua, setelah aplikasi terbuka, kamu akan melihat halaman utama aplikasi e-Toll. Di halaman ini, kamu akan menemukan beberapa menu dan pilihan yang dapat kamu pilih.

Langkah ketiga, pada halaman utama, kamu akan melihat saldo e-Toll yang tersisa di akun kamu. Saldo ini akan ditampilkan dengan jumlah yang tertera.

Langkah keempat, jika kamu ingin melihat detail transaksi lainnya, kamu bisa klik menu “Riwayat Transaksi” yang ada di halaman utama aplikasi e-Toll.

Langkah kelima, selain melihat saldo, kamu juga bisa melakukan top up saldo melalui aplikasi e-Toll ini. Caranya, kamu cukup klik pilihan “Top Up” yang ada di halaman utama. Kemudian ikuti langkah-langkah yang ada.

Langkah keenam, setelah selesai melakukan pengecekan saldo, transaksi, atau top up saldo, klik tombol “Keluar” untuk keluar dari aplikasi e-Toll.

2. Cek Saldo melalui SMS

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi pesan di hp kamu. Pilih menu “Buat Pesan Baru” atau “+”.

👉 TRENDING:  Cara Screenshot HP Vivo Y12

Langkah kedua, pada kolom penerima, tuliskan nomor 3200.

Langkah ketiga, pada kolom pesan, tuliskan kata kunci “INFO”.

Langkah keempat, setelah itu, klik kirim dan tunggu beberapa saat. Kamu akan menerima pesan balasan dari operator e-Toll yang berisi informasi saldo yang tersisa di akun kamu.

Langkah kelima, setelah membaca pesan balasan, kamu bisa langsung menutup aplikasi pesan.

Langkah keenam, jika ingin membuka aplikasi e-Toll kembali, kamu bisa membuka aplikasi pesan dan melihat pesan balasan sebelumnya.

3. Cek Saldo melalui Website e-Toll

Also read:
Cara Hapus Akun Google di HP Xiaomi Redmi 6A
Cek Saldo e-Money Lewat HP: Mudah, Praktis, dan Cepat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka browser di hp kamu. Ketikkan alamat website e-Toll di kolom URL.

Langkah kedua, setelah halaman website terbuka, cari dan klik menu “Masuk” atau “Login”.

Langkah ketiga, kamu akan diarahkan ke halaman login. Masukkan username dan password akun e-Toll kamu.

Langkah keempat, setelah berhasil login, kamu akan melihat halaman utama akun e-Toll kamu. Di halaman ini, kamu bisa melihat saldo e-Toll yang ada di akun kamu.

Langkah kelima, jika kamu ingin melihat detail transaksi atau mengubah pengaturan akun, kamu bisa navigasi ke menu-menu yang ada di website e-Toll ini.

Langkah keenam, jika sudah selesai, kamu bisa keluar dari akun e-Toll dengan mengklik menu “Logout” atau menutup browser.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Cek Saldo e-Toll di HP

Kelebihan Cara Cek Saldo e-Toll di HP

1. Kemudahan Akses: Salah satu kelebihan dari cara cek saldo e-Toll di hp adalah kemudahan akses yang ditawarkan. Kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja asalkan ada koneksi internet.

2. Praktis dan Cepat: Melalui hp, kamu bisa dengan mudah dan cepat melakukan pengecekan saldo e-Toll. Tidak perlu lagi mengunjungi gerbang tol atau mencari mesin saldo e-Toll.

3. Tidak Perlu Antri: Dengan menggunakan cara cek saldo e-Toll di hp, kamu tidak perlu lagi mengantri untuk mendapatkan informasi saldo. Cukup buka aplikasi atau website e-Toll, saldo akan langsung terlihat.

4. Riwayat Transaksi: Selain saldo, cara cek saldo e-Toll di hp juga memberikan informasi riwayat transaksi yang bisa kamu lihat. Kamu bisa melihat transaksi apa saja yang telah dilakukan menggunakan e-Toll.

5. Pengingat Top Up: Jika saldo e-Toll kamu sudah mendekati batas minimum, aplikasi e-Toll di hp akan memberikan pengingat untuk melakukan top up. Sehingga, kamu tidak akan kehabisan saldo saat sedang dalam perjalanan.

6. Akses Informasi Lengkap: Melalui aplikasi atau website e-Toll di hp, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap seputar saldo, transaksi, promo, dan lainnya. Semua informasi bisa kamu akses dengan mudah dan praktis.

7. Mencegah Kehilangan Kartu E-Toll: Dengan cara cek saldo e-Toll di hp, kamu tidak perlu sering menyiapkan kartu e-Toll fisik. Cukup menggunakan aplikasi atau website e-Toll, saldo dan transaksi bisa diakses secara digital.

Kekurangan Cara Cek Saldo e-Toll di HP

1. Ketergantungan Internet: Salah satu kekurangan dari cara cek saldo e-Toll di hp adalah ketergantungan pada koneksi internet. Jika tidak ada koneksi internet, kamu tidak bisa melakukan pengecekan saldo.

2. Keterbatasan Teknologi: Meski tekhnologi e-Toll sudah berkembang pesat, namun masih ada beberapa gerbang tol yang belum mendukung pembayaran melalui hp. Sehingga, kamu tetap harus menggunakan kartu fisik.

3. Potensi Error: Dalam penggunaan teknologi, selalu ada potensi error atau kesalahan teknis. Ada kemungkinan aplikasi e-Toll mengalami gangguan, sehingga kamu tidak dapat dengan mudah mengakses saldo di hp.

4. Kondisi Hp: Kondisi hp yang kurang memadai atau kekurangan memori bisa membuat penggunaan aplikasi e-Toll menjadi kurang optimal.

5. Keamanan Data: Penggunaan aplikasi atau website untuk cek saldo e-Toll berarti kamu harus memberikan akses dan data pribadi. Perlu kewaspadaan agar data pribadi tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

6. Kebutuhan Update: Aplikasi e-Toll di hp kamu mungkin membutuhkan pembaruan atau update secara rutin. Kamu perlu menginstal update tersebut agar tetap bisa menggunakan fitur cek saldo e-Toll.

7. Kesalahan Input: Pada saat melakukan cek saldo melalui SMS, ada potensi kesalahan input seperti salah mengetik kata kunci “INFO”. Hal ini bisa menyebabkan pesan balasan tidak terkirim atau tidak diterima dengan baik.

Tabel Informasi Cara Cek Saldo e-Toll di HP

No Cara Cek Saldo e-Toll di HP Keterangan
1 Buka Aplikasi e-Toll Langkah-langkah membuka aplikasi e-Toll di hp
2 Cek Saldo melalui SMS Langkah-langkah cek saldo melalui SMS
3 Cek Saldo melalui Website e-Toll Langkah-langkah cek saldo melalui website e-Toll

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa kelebihan dari aplikasi e-Toll?

Kelebihan dari aplikasi e-Toll adalah kemudahan akses, praktis dan cepat, tidak perlu antri, riwayat transaksi, pengingat top up, akses informasi lengkap, dan mencegah kehilangan kartu e-Toll.

2. Mengapa perlu cek saldo e-Toll di hp?

Saldo e-Toll perlu dicek di hp untuk memastikan saldo yang tersisa dan mendapatkan informasi transaksi terkini. Selain itu, cek saldo e-Toll di hp juga memudahkan jika kamu tidak membawa kartu e-Toll fisik.

3. Apa kekurangan dari aplikasi e-Toll di hp?

Kekurangan dari aplikasi e-Toll di hp adalah ketergantungan pada koneksi internet, keterbatasan teknologi, potensi error, kondisi hp yang kurang memadai, keamanan data, kebutuhan update, dan kesalahan input pada cek saldo melalui SMS.

4. Bagaimana cara melakukan top up saldo e-Toll melalui hp?

Untuk melakukan top up saldo e-Toll melalui hp, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada di dalam aplikasi e-Toll. Cari menu “Top Up” atau “Isi Saldo” lalu ikuti langkah-langkah yang ada.

5. Apakah ada batas minimum saldo e-Toll?

Setiap gerbang tol atau penyedia e-Toll mungkin memiliki batas minimum saldo yang berbeda. Pastikan kamu mengetahui batas minimum saldo e-Toll yang berlaku untuk melakukan top up ketika saldo mendekati batas tersebut.

6. Apakah saldo e-Toll bisa dikembalikan jika kartu hilang atau rusak?

Saldo e-Toll biasanya bisa dikembalikan oleh penyedia e-Toll jika kartu hilang atau rusak

Cara Cek Saldo E Toll Di Hp