Cara Cek Spek Laptop Windows 10 Secara Mudah

Cara Cek Spek Laptop  – Bagi sebagian pengguna laptop, terkadang perlu mengecek spesifikasi dari laptop yang dimilikinya untuk bisa mengetahui aplikasi-aplikasi apa saja yang sesuai dengan perangkat laptop tersebut. Dengan mengetahui spesifikasi laptop yang tepat maka Anda pun bisa lebih menyesuaikan jenis aplikasi yang sesuai sehingga tidak akan terlalu memberatkan kinerja dari laptop yang Anda miliki.

Melakukan pengecekan spesifikasi laptop di Windows 10 sebenarnya terbilang cukup gampang karena perangkat laptop dengan Windows 10 sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang memungkinkan Anda agar bisa melakukan pengecekan spesifikasi laptop dengan mudah dan praktis.

Read More

Cara Cek Spek Laptop di Windows 10

Bagi Anda yang ingin melakukan pengecekan spesifikasi perangkat laptop yang dimiliki, berikut ini adalah beberapa pilihan cara terbaik yang bisa Anda gunakan.

Melakukan Pengecekan Spek PC Lewat Menu Properties

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk melakukan pengcekan spek perangkat komputer atau laptop yang Anda miliki adalah dengan menggunakan fitur Properties yang ada di Windows 10. Untuk melakukannya, silakan Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini :

  • Langkah pertama silakan Anda bisa klik pada bagian File Explorer yang ada di perangkat Anda.
  • Jika sudah terbuka maka silakan Anda bisa klik kanan pada bagian menu This PC yang ada di menu tersebut.
  • Kemudian silakan pilih bagian Properties dan tunggu hingga jendela informasi tentang laptop tersebut terbuka.
  • Pada jendela menu tersebut akan terdapat berbagai informasi terkait dengan perangkat tersebut mulai dari jenis laptop, processor yang digunakan, kapasitas RAM, Device ID, System type, dan lain sebagainya.
👉 TRENDING:  5 + Aplikasi untuk Mengecek Kecanduan Gadget Terbaru

Dengan menggunakan fitur Properties tersebut maka Anda pun bisa melakukan pengecekan spesifikasi perangkat laptop dengan praktis dan mudah.

Cara Cek Spek Laptop Menggunakan Menu About

Cara cek spesfikasi laptop juga bisa dilakukan melalui menu About yang ada di bagian Windows Settings. Kalau Anda ingin melakukan pengecekan dengan cara ini, berikut adalah beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan :

  • Cara pertama silakan Anda bisa langsung saja membuka menu Windows Setting pada perangkat Anda kemudian pilih System dan kemudian pilih menu About.
  • Jika sudah, silakan Anda bisa pilih bagian Device Specifications.
  • Setelah terbuka maka Anda akan bisa melihat berbagai macam jenis informasi terkait dengan laptop yang Anda miliki mulai dari processor, RAM, type OS, dan lain sebagainya.

Menggunakan cara ini, Anda bisa juga mengganti nama PC dengan nama yang sesuai pada kolom Rename This PC.

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Menggunakan DxDiag

Jika Anda termasuk pengguna laptop yang kerap bermain game, umumnya sudah tidak akan asing lagi dengan nama fitur yang satu ini. DxDiag kerap digunakan untuk mengetahui kompatibilitas kartu grafis dengan system requirements yang dibutuhkan ketika ingin memainkan sebuah game.

Namun DxDiag juga bisa digunakan untuk mengecek spek laptop yang Anda miliki. Berikut adalah beberapa cara cek spek laptop menggunakan fitur DxDiag yang ada di perangkat Anda.

  • Langkah pertama adalah silakan Anda bisa tekan tombol Windows + R pada laptop yang Anda miliki. Kemudian setelah jendela Run terbuka silakan Anda bisa ketikkan DxDiag lalu tekan Enter dan tunggu hingga proses pemuatan tersebut selesai dilakukan.
  • Setelah DirectX Diagnostic Tool pada perangkat yang Anda miliki terbuka maka pada bagian menu System akan terlihat spesifikasi lengkap mengenai laptop yang Anda miliki mulai dari processor, RAM, versi BIOS, versi OS, DirectX, dan lain sebagainya.
  • Selain itu, Anda juga bisa mengecek spesifikasi kartu VGA yang digunakan pada laptop tersebut di kolom menu Display yang ada di DirectX Diagnostic Tool
👉 TRENDING:  15 Rekomendasi HP Gaming Terbaik

Cara ini kerap digunakan untuk mengecek spek laptop atau komputer secara lebih mendalam karena informasi yang diberikan pun lebih lengkap.

Melakukan Pengecekan Spek Laptop Menggunakan Command Prompt

Cara mengecek spek laptop yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur Command Prompt (CMD) yang ada di perangkat yang Anda miliki. Cara ini terbilang merupakan cara yang agak lanjut  dan mungkin agak sedikit asing terutama bagi Anda para pengguna laptop yang masih pemula.

Namun jika Anda tertarik, tidak ada salahnya jika menggunakan cara ini untuk melakukan pengecekan spesifikasi yang dimiliki oleh laptop Anda. Cara pengecekannya pun relatif mudah dan Anda bisa melakukannya seperti berikut ini :

  • cara cek spek laptop menggunakan CMD yang pertama perlu Anda lakukan adalah membuka menu CMD dengan cara klik pada menu Search Windows Anda dan kemudian ketikkan “cmd” lalu tekan enter.
  • Jika menu perintah CMD sudah terbuka, silakan Anda bisa ketikkan baris perintah berupa systeminfo pada layar CMD yang Anda miliki.
  • Jika sudah maka layar laptop CMD Anda pun akan menampilkan berbagai informasi lengkap mengenai perangkat laptop yang Anda miliki tersebut.
  • Informasi yang ditampilkan pun cukup lengkap tidak hanya sebatas processor dan RAM namun juga berbagai informasi lainnya seperti IP Address pada bagian Network Card.

Kalau Anda ingin mengetahui spesifikasi laptop secara lengkap maka pengecekan melalui CMD bisa menjadi salah satu yang patut dipertimbangkan.

Mengecek Spesifikasi Laptop Menggunakan System Information

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengecek spesfikasi laptop Windows 10 adalah dengan menggunakan System Information pada perangkat tersebut. Untuk caranya, silakan Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini :

  • Langka pertama silakan Anda bisa membuka menu Search yang ada di samping tombol Start Windows Anda.
  • Setelah terbuka silakan Anda bisa ketikkan “System” pada kolom pencarian tersebut dan kemudian silakan Anda bisa pilih System Information.
  • Setelah menu jendela System Information terbuka maka Anda pun akan bisa mengecek spesisifikasi laptop dengan lengkap mulai dari jenis dan versi OS, brand laptop, sistem SKU produk laptop, RAM, processor, dan lain sebagainya. Informasi yang disampaikan pada jendela menu ini terbilang cukup lengkap.
👉 TRENDING:  7 Review HP Terbaik 2021, Mana HP Pilihanmu?

Melakukan Pengecekan Spesifikasi Laptop Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Selain melakukan pengecekan secara manual di laptop yang Anda miliki, Anda bisa juga melakukan pengecekan spek laptop dengan menggunakan aplikasi atau perangkat lunak. Salah satu yang cukup direkomendasikan adalah CPU-Z yang bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi laptop dengan cara berikut ini :

  • Langkah pertama adalah silakan Anda bisa unduh dan install aplikasi CPU-Z di perangkat laptop Anda.
  • Setelah diunduh dan terinstall, silakan Anda bisa buka aplikasi tersebut dan CPU-Z pun akan menampilkan informasi spesifikasi dari laptop yang Anda miliki mulai dari processor, RAM, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa cara cek spek laptop di Windows 10 yang bisa dilakukan dengan mudah. Kini berbekal dengan beberapa pilihan cara yang telah disampaikan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin mencari cara yang tepat untuk mengecek spesifikasi komponen laptop yang Anda miliki.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.