Cara Mengambil Video di WhatsApp di HP Oppo

Selamat datang, Sobat Gohitzz!

Halo, Sobat Gohitzz! Apakah Anda sering ingin mengambil video dari percakapan WhatsApp di HP Oppo Anda? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat! Pada artikel kali ini, kami akan mengulas secara detail tentang cara mengambil video di WhatsApp di HP Oppo. Dengan ini, Anda akan dapat dengan mudah mengabadikan momen-momen penting yang dibagikan melalui percakapan WhatsApp. Jadi, mari kita mulai!

Pendahuluan

Percakapan via WhatsApp tak jarang mengandung momen berharga yang patut diabadikan. Namun, terkadang kita sulit untuk menyimpannya ke dalam galeri HP kita. Dalam artikel ini, kami akan membahas metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil video di WhatsApp di HP Oppo Anda dengan mudah.

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan HP Oppo Anda sudah terhubung dengan jaringan internet dan telah terinstal aplikasi WhatsApp terbaru. Dengan menggunakan metode yang akan kami jelaskan, Anda tak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga atau meninggalkan WhatsApp untuk mengambil video. Semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah langsung dari WhatsApp.

Langsung saja, berikut adalah metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil video di WhatsApp di HP Oppo:

1. Membuka WhatsApp dan Memilih Percakapan

Untuk mulai mengambil video di WhatsApp, pertama-tama buka aplikasi WhatsApp di HP Oppo Anda. Selanjutnya, pilih percakapan yang berisi video yang ingin Anda ambil.

2. Menemukan Video di Percakapan

Setelah masuk ke percakapan yang diinginkan, gulir ke atas atau ke bawah untuk menemukan video yang ingin Anda ambil. Jika terlalu banyak pesan, Anda dapat menggunakan fitur pencarian WhatsApp dengan mengetuk ikon kaca pembesar yang ada di pojok kanan atas layar.

3. Memutar Video

Selanjutnya, ketuk video yang ingin Anda ambil untuk memulai memutarnya. Dalam mode pemutaran video, layar akan menampilkan beberapa ikon di bagian bawah layar.

4. Mengambil Video

Untuk mengambil video, Anda perlu menekan tombol yang berfungsi untuk mengambil screenshot di HP Oppo Anda. Biasanya, tombol ini terletak di sisi kanan atau kiri atas HP Oppo, atau dapat juga ditambahkan ke bilah navigasi HP Anda. Ketika tombol tersebut ditekan, layar akan berkedip sejenak dan video akan diambil sebagai tangkapan layar.

👉 TRENDING:  Cara Menghubungkan Hp Xiaomi ke TV dengan Kabel USB

Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan fitur rekaman layar yang ada di beberapa HP Oppo. Caranya adalah dengan menggeser menu notifikasi dari atas layar dan mencari opsi “Rekam Layar” atau “Screen Recording”. Ketika opsi tersebut ditemukan, cukup ketuk untuk mulai merekam video dan tekan lagi ketika Anda selesai.

5. Menyimpan Video ke Galeri

Sekarang, cek tangkapan layar yang telah Anda ambil. Apabila hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan, Anda dapat menyimpannya ke galeri HP Oppo Anda. Untuk melakukannya, buka gambar tangkapan layar tersebut dan ketuk ikon tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas layar. Dalam menu yang muncul, pilih opsi “Simpan ke Perangkat” atau “Save to Device” untuk menyimpan video tersebut ke galeri Anda.

6. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika metode sebelumnya tidak berhasil, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengambil video di WhatsApp. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda gunakan antara lain AZ Screen Recorder, DU Recorder, atau Mobizen Screen Recorder. Unduh dan instal aplikasi yang Anda pilih dari Google Play Store, lalu ikuti panduan singkat untuk mulai mengambil video di WhatsApp.

Kelebihan Mengambil Video di WhatsApp di HP Oppo

Metode mengambil video di WhatsApp di HP Oppo memiliki beberapa kelebihan yang patut Anda pertimbangkan:

1. Mudah Digunakan

Metode ini sangat mudah dan sederhana, sehingga siapapun dapat melakukannya tanpa perlu pengetahuan teknis yang mendalam. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan sebelumnya.

2. Tidak Memerlukan Aplikasi Tambahan

Dengan metode ini, Anda tidak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga tambahan. Anda dapat langsung mengambil video dari WhatsApp menggunakan fitur bawaan HP Oppo Anda.

3. Hemat Ruang Penyimpanan

Mengambil video di WhatsApp langsung dari HP Oppo Anda memungkinkan Anda untuk menghemat ruang penyimpanan. Anda tak perlu mengunduh video tersebut dan menyimpannya separuh lagi di galeri HP Anda.

4. Tidak Meninggalkan WhatsApp

Dengan menggunakan fitur mengambil video di WhatsApp, Anda tidak perlu menutup aplikasi WhatsApp dan beralih ke aplikasi pihak ketiga. Semuanya dapat dilakukan di dalam WhatsApp itu sendiri.

👉 TRENDING:  Apakah HP Vivo Y15 Bisa 4G?

5. Dapat Digunakan di Berbagai Model HP Oppo

Seluruh model HP Oppo dapat menggunakan metode ini untuk mengambil video di WhatsApp. Mulai dari Oppo A3s, Oppo F9, Oppo Reno, dan masih banyak lagi.

6. Tidak Membutuhkan Hak Akses Root

Metode ini tidak memerlukan akses root pada HP Oppo Anda. Anda dapat mengambil video di WhatsApp tanpa perlu merusak keamanan HP Anda atau menghilangkan garansi yang mungkin masih berlaku.

7. Tampilan Video yang Utuh

Ketika Anda mengambil video di WhatsApp menggunakan metode ini, tidak akan ada watermark atau kelengkungan pada video yang diambil. Video akan tampil dalam bentuk utuh dan berkualitas, sama seperti video aslinya.

Kekurangan Mengambil Video di WhatsApp di HP Oppo

Namun, sejalan dengan kelebihannya, metode ini juga memiliki beberapa kekurangan:

1. Bisa Membatasi Durasi Video

Tergantung pada HP Oppo Anda, Anda mungkin dibatasi oleh durasi video yang dapat diambil dalam sekali waktu. Perangkat terbaru biasanya mampu menangkap video hingga beberapa menit, sementara perangkat lama mungkin memiliki batasan durasi yang lebih pendek.

2. Hasil Mungkin Tidak Sempurna

Jika tidak dilakukan dengan benar, hasil tangkapan layar Anda mungkin tidak sempurna. Video yang diambil bisa jadi terpotong atau tampilan yang buruk. Pastikan Anda mengikuti metode dengan seksama agar hasil yang dihasilkan lebih baik.

3. Fitur Rekam Layar Tidak Tersedia di Semua HP Oppo

Beberapa model HP Oppo mungkin tidak dilengkapi dengan fitur rekam layar yang dapat digunakan untuk mengambil video di WhatsApp. Jika ini terjadi pada HP Oppo Anda, maka Anda harus mengandalkan metode lain yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

4. Mengambil Video Non-Interaktif

Setelah Anda mengambil video di WhatsApp, video tersebut akan berubah menjadi bentuk gambar atau tangkapan layar. Hal ini berarti tidak akan ada suara yang dapat Anda putar atau fitur interaktif lainnya yang biasanya ada pada video asli.

5. Tidak Dapat Mengambil Video dari Status WhatsApp

Meskipun metode ini memungkinkan Anda mengambil video dari percakapan, namun untuk saat ini belum bisa digunakan untuk mengambil video dari status WhatsApp. Anda masih perlu menggunakan metode lain atau aplikasi pihak ketiga untuk mengambil video dari status WhatsApp.

👉 TRENDING:  Mengulas Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Support MHL: Jenius atau Kesia-siaan?

6. Penggunaan Baterai Tambahan

Ketika Anda menggunakan fitur rekam layar atau mengambil screenshot secara berulang untuk mengambil video di WhatsApp, penggunaan baterai pada HP Oppo Anda akan meningkat. Pastikan Anda memiliki daya baterai yang cukup sebelum memulai proses pengambilan video.

7. Jumlah Video Terbatas

Metode ini membatasi jumlah video yang dapat Anda ambil sekaligus. Anda harus mengambil video satu persatu, yang bisa memakan waktu jika ada banyak video yang ingin diambil. Hal ini terutama berlaku jika Anda menggunakan metode tanpa aplikasi pihak ketiga.

Nama Cara Mengambil Video di WA HP Oppo
Metode Membuka WhatsApp dan Memilih Percakapan, Menemukan Video di Percakapan, Memutar Video, Mengambil Video, Menyimpan Video ke Galeri, Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Kelebihan Mudah Digunakan, Tidak Memerlukan Aplikasi Tambahan, Hemat Ruang Penyimpanan, Tidak Meninggalkan WhatsApp, Dapat Digunakan di Berbagai Model HP Oppo, Tidak Membutuhkan Hak Akses Root, Tampilan Video yang Utuh
Kekurangan Bisa Membatasi Durasi Video, Hasil Mungkin Tidak Sempurna, Fitur Rekam Layar Tidak Tersedia di Semua HP Oppo, Mengambil Video Non-Interaktif, Tidak Dapat Mengambil Video dari Status WhatsApp, Penggunaan Baterai Tambahan, Jumlah Video Terbatas

FAQ (Frequently Asked Questions) Tentang Cara Mengambil Video di WhatsApp di HP Oppo

1. Apakah saya perlu mengunduh aplikasi lain untuk mengambil video di WhatsApp di HP Oppo?

Tidak. Anda dapat menggunakan fitur bawaan WhatsApp dan HP Oppo untuk mengambil video tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga tambahan. Namun, jika metode tersebut tidak berfungsi, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga.

2. Mengapa saya tidak dapat menemukan video di percakapan WhatsApp saya?

Pastikan Anda sudah menjelajahi percakapan WhatsApp yang benar dan memastikan bahwa video yang ingin Anda ambil memang ada di percakapan tersebut. Jika video masih tidak terlihat, ada kemungkinan video tersebut sudah dihapus atau sudah tidak tersedia lagi.

3. Apakah saya dapat mengambil video dari status WhatsApp menggunakan metode ini?

Untuk saat

Cara Mengambil Video Di Wa Hp Oppo