Cara Mengatasi 404 Not Found pada Saat Mengakses Internet

Cara Mengatasi 404 Not Found – Internet merupakan bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Kehadirannya mampu menghubungkan manusia dengan berbagai hal terutama informasi dari berbagai bidang. Untuk bisa mengaksesnya dibutuhkan jaringan yang biasanya terhubung dengan sebuah perangkat atau data khusus.

Hal yang bisa dilakukan dengan internet yaitu browsing atau pencarian yang dapat Anda lakukan melalui mesin pencarian. Beberapa mesin pencarian bisa digunakan baik melalui komputer maupun ponsel. Anda tentu sudah tidak asing dengan Mozilla Firefox atau Google yang sering digunakan untuk berselancar di Internet mencari berbagai informasi.

Jika jaringan sedang tidak mendukung atau bahkan tidak terdapat jaringan yang dapat digunakan sama sekali biasanya internet tidak dapat diakses dan error. Salah satu contoh notifikasi error yang akan muncul pada layar yaitu 404 not found. Sebagian besar pengguna internet hanya bisa menafsirkan bahwa kode tersebut merupakan kode error dan sering tidak memahami cara mengatasi 404 not found.

Kode tersebut merupakan kode status HTTP yang akan mengindikasikan halaman yang dituju tidak dapat dijangkau dan ditemukan oleh server. Hal tersebut bisa terjadi akibat salah menginput alamat web atau URL. Adapula penyebab lain yaitu dikarenakan halaman yang dituju sudah tersedia karena dihapus.

Intinya untuk kode error seperti ini tidak selalu diakibatkan oleh adanya gangguan pada jaringan namun bisa saja gangguan terjadi pada waktu itu sendiri. Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Periksa Ulang URL

Biasanya untuk melakukan pencarian melalui internet terdapat alamat URL yang diperlukan agar bisa terhubung dengan halaman yang dimaksud. Alamat tersebut bisa diketik secara langsung dengan lengkap menggunakan http atau www selalu diakhiri dengan .com dan sejenisnya. Anda juga bisa hanya mengetikkan username dari alamat tersebut.

👉 TRENDING:  Cara Belajar Trading Forex bagi Pemula dengan Benar

Nantinya Anda akan terhubung langsung dengan halaman yang dimaksud jika memang penulisannya sudah tepat. Jika tiba-tiba muncul tulisan 404 not found maka hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya ialah dengan memeriksa penulisan alamat tadi. Cara mengatasi error 404 not found ini cukup sederhana namun efektif untuk memperbaiki dan membuat halaman yang dimaksud terhubung.

Biasanya salah pengetikan hanya satu karakter saja akan berpengaruh dan membuat halaman tersebut tidak akan terhubung. Untuk itu, Anda harus memastikan jika alamat yang dituju sudah benar terlebih jika Anda mengetik secara langsung pada halaman pencarian.

Segarkan Halaman Web

Cara mengatasi notifikasi 404 not found berikutnya bisa dengan menyegarkan halaman web. Kesalahan atau error tersebut bisa saja terjadi hanya sesaat diakibatkan beberapa penyebab. Cobalah untuk menyegarkan halaman browser web yang sedang Anda cari. Jika padahal komputer Anda juga bisa melakukan refresh terlebih dahulu.

Jika pada ponsel Anda bisa kembali ke halaman awal dari halaman browser kemudian cari kembali alamat yang diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa membuka pengaturan browser dan klik segarkan untuk kembali melakukan refresh pada browser sehingga jaringannya bisa lebih baik dan menghubungkan pada alamat yang dituju.

Gunakan Mesin Pencari Lainnya

Mesin pencarian tidak hanya terdiri dari satu jenis saja sehingga saat mengalami error seperti ini anda juga bisa mencoba mesin pencarian lainnya. Jika Anda sedang menggunakan Google lalu mengalami error 404 not found maka cobalah dengan menggunakan mesin pencari lainnya yaitu Mozilla Firefox.

Cara mengatasi 404 not found seperti ini sangat mudah dan praktis sehingga Anda bisa segera terhubung dengan halaman pencarian yang dituju. Akan tetapi, jika error tersebut masih tetap muncul maka Anda harus memeriksa bagian lainnya dan melakukan cara lain seperti melakukan refresh dan memeriksa penulisan URL yang diinput.

👉 TRENDING:  Cara Daftar Bansos Lewat Aplikasi Cek Bansos 2022

Dalam hal ini Anda perlu memastikan mesin pencarian tersebut sudah terpasang pada perangkat yang digunakan. Hal ini bisa dilakukan terutama jika memori pada perangkat yang digunakan sangat memungkinkan terutama pada perangkat ponsel jika mesin pencarian tersebut bukan aplikasi bawaan.

Gunakan Perangkat Lain

Jika Anda masih tidak bisa mengakses internet melakukan beberapa cara sebelumnya cobalah untuk menggunakan perangkat lain yang tersedia. Cara mengatasi error 404 not found bisa dengan mengganti perangkat untuk melakukan pencarian. Misalnya jika Anda mengalami error ini pada perangkat ponsel cobalah untuk menggunakan perangkat komputer ataupun tablet.

Bukan tidak mungkin jika jaringan atau sistem pada perangkat yang sedang digunakan juga mengalami error sehingga tidak bisa mengakses internet. Biasanya salah satu penyebabnya ialah karena cache yang ada pada perangkat. Jika Anda bisa mengakses melalui perangkat lain maka akan cache pada perangkat sebelumnya agar bisa digunakan.

Akan tetapi, jika masih saja mengalami error di beberapa perangkat yang sudah Anda coba itu berarti sedang terdapat gangguan dari pusat server mesin pencarian tersebut. Tunggu beberapa saat dan coba kembali untuk mengakses internet yang Anda inginkan. Anda juga bisa melakukan refresh atau menghapus cache terlebih dahulu agar konektivitasnya bisa lebih baik.

Gunakan Mesin Wayback Arsip Internet

Cara mengatasi notifikasi 404 not found bisa dengan menggunakan mesin wayback arsip internet. Mesin tersebut merupakan utilitas yang bersifat gratis yang dapat memungkinkan Anda melihat tampilan URL tertentu yang ada di masa lalu. Mesin tersebut bisa menyimpan beberapa URL yang sudah tidak tersedia di internet.

Beberapa url bisa saja sudah tidak ada untuk sementara waktu. Hal ini tentu menyebabkan Anda tidak dapat mengaksesnya melalui halaman pencarian secara langsung sehingga muncul notifikasi error tersebut. Untuk dapat mengaksesnya kembali Anda bisa menggunakan mesin tersebut dan melihat URL yang sudah tidak ada tersebut.

👉 TRENDING:  Ketahuilah 8 Cara Screenshot Di Laptop Praktis Dan Anti Ribet

Cara mengatasi 404 not found ini cukup rumit dan perlu kehati-hatian mengingat beberapa URL bisa saja terkena banned atau blokir sehingga alamatnya dihapus pada halaman pencarian. Jika diakses kembali bisa saja halamannya tidak akan muncul atau isinya menjadi kosong akibat sudah mendapatkan pemblokiran sebelumnya.

Menghubungi Webmaster

Webmaster atau pemilik situs tertentu pada dasarnya bisa Anda hubungi terlebih jika Anda sudah mengetahui siapa pengelolaannya. Beberapa situs seringkali menyajikan kontak yang dapat dihubungi berupa email hingga nomor kontak secara langsung meskipun bersifat umum untuk pelayanan suatu produk jika situs tersebut untuk kebutuhan bisnis.

Jika saat mengakses situs tersebut Anda mendapat notifikasi 404 not found tersebut maka nomor kontak atau akses kontak lainnya bisa Anda gunakan untuk menyatakan keluhan Anda mengenai error ini. Pengelola situs nantinya akan mengetahui apakah terdapat tautan yang rusak pada situs tersebut.

Sebagian besar kesalahan dengan notifikasi 404 not found bisa merusak reputasi dari web tersebut dan peringkat mesin pencarian. Untuk hal ini Anda bisa menghubungi webmaster melalui surel atau beberapa informasi kontak yang tertera untuk menyampaikan jika Anda tidak dapat mengakses halaman URL tadi dengan catatan beberapa langkah sebelumnya sudah Anda coba.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi 404 not found yang bisa Anda lakukan agar bisa mengakses kembali beberapa alamat url yang Anda butuhkan. Pastikan jaringan internet cukup kuat agar tidak menghambat untuk memperbaiki notifikasi error tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *