Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa Dibuka

  • Whatsapp
Chrome Tidak Bisa Dibuka

Tidak bisa dipungkiri kalau aplikasi Google Chrome itu menjadi salah satu aplikasi browser yang banyak dipakai orang. Apalagi dengan interaksi Google dan Android yang membuat sekarang smartphone Android pasti akan terhubung dengan Google. Jadi Google Chrome menjadi salah satu browser favorit baik di laptop ataupun juga di smartphone pada masa sekarang.

Dan salah satu permasalahan yang sering dihadapi itu adalah Chrome tidak bisa dibuka, dan itu sangat menjengkelkan sekali kan. Apalagi kalau di laptop, karena biasanya setiap situs yang berhubungan dengan Google akan bisa terintegrasi langsung bila di Chrome. Nah pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Penyebab Chrome Error

Sebelum kita masuk ke cara mengatasi, alangkah lebih baiknya kalau kita pelajari dulu apa yang menjadi penyebab Chrome itu error. Karena dari mengetahui penyebabnya, maka langkah kita untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada Chrome itu akan jauh lebih tepat. Berikut ini beberapa permasalahan yang sering membuat Chrome itu eror di laptop ataupun di komputer.

  1. Ada Malware Atau Anti Virus Yang Menghalangi Chrome

    Permasalahan pertama itu biasanya adalah karena ada malware atau program antivirus yang menghalangi Chrome untuk berjalan. Karena kalau dihalangi oleh malware dari program antivirus, maka sudah bisa dipastikan Chrome tidak akan terbuka. Ini menjadi satu masalah yang sering terjadi akan tetapi tidak disadari oleh banyak orang.

  1. Ada Virus Pada Chrome

    Permasalahan kedua adalah karena browser Chrome itu sudah terinfeksi virus, karena memang browser sangat rentan terkena virus. Nah biasanya kalau ada virus akan membuat program Chrome ini tidak bisa berjalan dengan baik dan mungkin tidak bisa dibuka. Jadi kita harus periksa program Chrome dengan antivirus untuk mencari tahu penyebab Chrome tidak bisa dibuka.

  1. Chrome Masih Berjalan Di Background

    Permasalahan yang ketiga yang sebenarnya mungkin sepele akan tetapi banyak tidak disadari oleh orang adalah Chrome masih terbuka. Jadi terkadang meskipun kita sudah menutup Chrome, akan tetapi masih berjalan di background. Memang sebuah program kalau masih ada di background dan dibuka kembali itu sudah pasti tidak akan bisa.

Untuk permasalahan Chrome ini pun bisa terjadi pada smartphone, dan penyebabnya pun bisa bermacam-macam ya. Berikut kami akan informasikan penyebab Chrome error apabila di smartphone.

  1. RAM Terlalu Penuh

    Dalam smartphone untuk membuka aplikasi itu dibutuhkan yang namanya RAM, dan kalau RAM tidak tersisa tidak akan bisa membuka aplikasi. Jadi bila RAM di smartphone kalian tidak cukup untuk membuka Chrome, maka tidak akan bisa dibuka.

  1. File Cache Terlalu Besar

    Penyebab kedua yang membuat Chrome di smartphone tidak bisa dibuka itu adalah karena file cache terlalu besar. Setiap aplikasi di Smartphone itu pasti memiliki file cache, dan itu bisa menghambat jalannya aplikasi tersebut. Dan terkadang file cache itu bisa terlalu banyak dan akhirnya membebani aplikasi untuk terbuka.

  1. History Terlalu Banyak

    Penyebab yang ketiga adalah data history atau riwayat di aplikasi Chrome itu terlalu banyak yang membuat data terlalu besar. Konsepnya sama seperti file cache, di mana kalau data terlalu besar, maka aplikasi pun tidak akan bekerja baik. Jadi bila terlalu banyak data pada aplikasi pun mungkin akan membuat aplikasi tidak dibuka.

  1. Belum Update

    Salah satu penyebab Chrome tidak bisa dibuka di smartphone adalah karena aplikasi tersebut belum update. Karena kalau di smartphone beberapa jenis aplikasi yang belum update tidak bisa dibuka juga lho.

Cara Mengatasi Di Komputer

Cara Mengatasi Di Komputer

Cara mengatasi permasalahan error pada Chrome di komputer dan juga di smartphone tentunya akan sangat berbeda ya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan mengenai cara mengatasi error pada Chrome di komputer ataupun di laptop kalian.

  1. Memeriksa Task Manager

    Cara pertama yang bisa kita gunakan adalah dengan masuk ke Task Manager untuk mengetahui apakah Chrome berjalan di background. Kalian bisa menekan bersamaan Ctrl+Alt+Del untuk masih ke Task Manager. Berikut ini langkah mengatasi menggunakan Task Manager.

  • Masuk ke Task Manager
  • Pilih Menu Proses atau tulisannya Process
  • Nanti kalian cari Chrome.exe
  • Klik Chrome.exe dan kemudian klik end process
    Setelah sudah tertutup baru kalian akan bisa membuka kembali Google Chrome.
  1. Memeriksa Program Antivirus

    Cara yang kedua adalah dengan memeriksa antivirus yang kalian miliki di laptop dan cek setting malware di aplikasi tersebut. Nah kalian bisa periksa dulu apakah Google Chrome itu masuk ke dalam malware aplikasi antivirus tersebut. Kalian bisa coba matikan dulu fitur malware di aplikasi dan coba buka, kalau penyebabnya ini pasti bisa dibuka.

  1. Instal Ulang Chrome

    Cara ketiga dan mungkin cara paling akhir yang bisa kita pergunakan apabila memang semua cara sudah tidak bisa mengatasi masalah. Bisa jadi karena virus atau mungkin karena permasalahan pada aplikasi Chrome akan bisa teratasi dengan instal ulang. Kalian bisa masuk ke program di komputer dan kemudian uninstall dulu aplikasi Chrome.

Setelah sudah uninstall kalian perlu mempersiapkan juga file master dari Chrome terlebih dahulu. Nanti kalian tinggal buka saja file master tersebut dan proses instal aplikasi Chrome sudah pasti akan berjalan. Biasanya setelah sudah instal ulang masalah Chrome tidak bisa dibuka bisa teratasi.

Cara Mengatasi Error Chrome Di Smartphone

Cara Mengatasi Error Chrome Di Smartphone

Untuk smartphone ada beberapa cara yang bisa kita pakai untuk mengatasi Chrome tidak bisa berjalan atau dibuka. Berikut ini pilihan cara untuk mengatasi permasalahan Chrome pada smartphone.

  1. Menutup Aplikasi Di Background

    Cara pertama adalah menutup beberapa aplikasi yang masih berjalan di background di dalam smartphone kalian. Karena dengan begitu RAM akan jadi lebih lega dan bisa dipakai untuk menjalankan dan membuka aplikasi Google Chrome. Kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menghapus manual di menu setting di smartphone.

  1. Membersihkan Cache Dan Data Chrome

    Cara kedua adalah dengan membersihkan cache dan juga data yang ada di Chrome, ini akan memperlancar proses pembukaan Chrome di smartphone. Berikut ini kami akan jelaskan langkah untuk melakukan penghapusan tersebut.

  • Pertama kalian masuk ke menu setting
  • Kedua kalian masuk ke menu aplikasi
  • Cari aplikasi Google Chrome dan masuk ke aplikasi Google Chrome
  • Cari tulisan hapus cache untuk menghapus file cache
  • Lalu klik kelola ruangan dan hapus data.
  • Update Google Chrome

Cara yang paling akhir adalah update Chrome kalian, biasanya sih tinggal masuk saja ke Playstore ya. Nanti kalian tinggal cari Google Chrome dan update aplikasi tersebut secara langsung. Itulah cara mengatasi Chrome tidak bisa dibuka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *