Layanan Daftar Web Hosting Gratis Bagi Pemula

  • Whatsapp
Daftar Web Hosting Gratis

Menggunakan web hosting gratis kerap menjadi pilihan banyak orang terutama bagi mereka yang baru membuat website sendiri. Tidak ada salahnya memang, terutama buat Anda yang memiliki keterbatasan budget sehingga memutuskan untuk daftar web hosting gratis untuk keperluan pribadi.

Tentunya ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan Anda temui jika menggunakan web hosting secara gratis. Kendati begitu, tidak perlu risau karena kekurangan tersebut tentu bisa diantisipasi. Lantas, bagaimana langkah mendaftar web hosting yang gratis ini?

Kelebihan dan Kekurangan Web Hosting Gratis

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pendaftaran dan pembuatan web hosting yang gratis, ada baiknya jika Anda juga mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari web hosting gratis tersebut.

Berikut beberapa kelebihan sekaligus kekurangan yang bisa saja Anda alami ketika memutuskan untuk menggunakan suatu web hosting yang tersedia secara gratis.

1. Kelebihan

Jika berbicara mengenai kelebihan dari web hosting yang gratis, tentu saja tidak terlepas dari biaya yang sangat murah dan terjangkau. Apalagi ditambah embel-embel gratis yang sudah pasti artinya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat sebuah web hosting.

Dengan begitu, perusahaan atau orang biasa pun masih bisa memiliki layanan ini meskipun tidak memiliki modal yang banyak. Sangat cocok buat Anda yang memang baru belajar untuk membuat website sendiri atau Anda yang memang ingin membuat website dengan harga yang miring.

Bahkan sejatinya, layanan yang disediakan tidak jauh berbeda dibandingkan dengan web hosting yang berbayar. Meskipun terbatas, layanan inti masih bisa Anda dapatkan dengan mudah, seperti kapasitas penyimpanan, server yang relatif cepat, hingga kemudahan untuk membangun website.

Tidak jarang, beberapa layanan web hosting murah nan gratis juga menawarkan beberapa paket migrasi yang gratis bagi para pemilik website pemula. Hal ini tentu akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan mobilitas data yang ada.

2. Kekurangan

Layanan yang murah bahkan gratis sudah pasti tidak menyediakan layanan yang penuh. Keterbatasan yang terjadi tentunya cukup berdampak. Contohnya saja sebagai berikut.

  • Tidak tersedia nama domain khusus

Salah satu ciri khas yang tentu saja ada pada setiap web hosting adalah nama domain yang benar-benar khusus, misalnya www.tulisanku.com. Domain seperti ini tentu akan Anda dapatkan jika menggunakan layanan yang berbayar.

Berbeda jika menggunakan layanan yang gratis, tentu akan ada embel-embel domain dari web hosting tersebut, misalnya tulisanku.webhosting.com. Memang tidak cocok untuk terlihat profesional, namun Anda masih bisa menggunakannya jika hanya ingin sekadar membuat website sendiri.

  • Iklan di website

Adanya iklan tentu akan mengganggu pandangan. Selain cukup merugikan Anda sebagai pemilik website, tentu para pengunjungnya juga akan merasa sedikit terganggu dengan banyaknya tampilan iklan yang terpampang pada laman website tersebut.

Ya, Anda yang memilih web hosting gratis memang tidak akan memiliki kendali penuh terhadap iklan ini. Apalagi, iklan yang muncul sejatinya merupakan cara penyedia jasa web hosting gratis untuk mendapatkan keuntungannya.

  • Fitur yang terbatas

Namanya saja gratis, tentu layanan dan fitur yang disediakan juga tidak benar-benar penuh. Ada berbagai layanan yang dibatasi, meskipun sebenarnya layanan inti yang tersedia sudah cukup buat Anda yang memang baru membuat website sendiri.

Tidak jarang, pembatasan ini membuat Anda kesal. Bagaimana tidak, secara langsung web hosting tersebut akan ‘memaksa’ Anda untuk meningkatkan layanan alias upgrade dan menjadi pelanggan berbayar dengan biaya yang beragam untuk setiap bulannya.

Rekomendasi Web Hosting Gratis Terbaik

Sedang mencari daftar web hosting gratis terbaik dan ingin menggunakannya? Tentu Anda harus memilih web hosting yang berkualitas. Ada beberapa web hosting yang kerap direkomendasikan dan bisa Anda pilih secara langsung seperti daftar berikut.

1. Hostinger

Bagi mereka yang sudah akrab dengan dunia hosting dan website, Hostinger sudah menjadi salah satu web hosting yang paling dicari karena layanannya yang dapat dibilang terbaik dan paling dapat diandalkan.

Hostinger ini memang tidak sepenuhnya gratis. Ada pembayaran per bulannya, namun itu pun terbilang sangat murah. Mulai dari Rp12.000-an per bulan, Anda bisa dengan mudah membangun website sendiri. Dengan harga ini, Anda akan mendapat penawaran berupa kecepatan akses, bandwith yang memadai, hingga penyimpanan yang cukup lega.

2. Wix

Merupakan salah satu perusahaan web hosting yang populer, terutama bagi yang sedang menginginkan berbagai fitur menarik dari sebuah hosting. Kendati memang tidak banyak fitur memadai bagi para pengguna yang gratis, namun kegunaan dari web hosting ini bisa dibilang sangat baik.

Untuk membangun sebuah website yang sederhana namun tampilannya bagus dan profesional, Wix bisa menjadi salah satu solusi. Templatenya beragam dan bisa menggunakan interface seperti drag-and-drop. Ya, walaupun tetap saja tidak menggunakan domain khusus.

3. Zyro

Dibuat sebagai salah satu platform pengembangan situs web yang dibuat dengan antarmuka yang menarik. Hal ini karena adanya berbagai grafis yang bisa dan mudah digunakan oleh para pembuat situs web pertama. Semuanya ini bisa dinikmati secara gratis meskipun difasilitasi secara baik.

Fitur yang tersedia cukup menonjol. Mulai dari penyimpanan dan bandwidth yang mencapai 500 MB, SSL yang disediakan secara gratis, hingga berbagai template dari desain terkemuka yang didesain sangat unik. Fitur lain yang bisa menjadi pilihan, seperti AI Writer, galeri gambar, hingga logo dan slogan.

4. InfinityFree

Sebagai salah satu pemain baru dalam dunia web hosting gratis, tidak menyurutkan banyak orang untuk mencobanya sehingga menjadikan InfinityFree sebagai salah satu penyedia layanan yang paling populer. Layanan ini menyediakan berbagai fitur yang menarik dan sangat mengesankan, sekaligus mudah diakses.

Dengan layanan web hosting yang satu ini, Anda bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan banyak fitur berkualitas. Mulai dari penyimpanan dan bandwidth yang tak terbatas, 10 akun email yang disediakan gratis, hingga keamanan SSL yang juga gratis. Sayangnya, performa server beberapa kali mengalami pembatasan yang berujung pada lemahnya akses website.

5. Freehosting

Sesuai namanya, layanan ini menyediakan web hosting yang dapat dinikmati secara gratis. Kendati demikian, fasilitas yang diberikan tidak main-main. Mulai dari penyimpanan dan bandwidth yang cukup memadai, website builder gratis, hingga adanya akun email gratis.

Salah satu hal yang benar-benar harus diperhatikan adalah mematuhi setiap aturan yang diberikan supaya akun Anda tidak mudah ter-banned atau terhapus oleh layanan ini. Bayangkan saja jika sudah banyak proyek yang Anda upload, namun terhapus begitu saja karena melanggar ketentuan.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui dari mulai daftar web hosting gratis yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan, kelebihan dan kekurangan yang ada, hingga informasi lainnya. Bagaimana, sudah siap membuat website pribadi menggunakan web hosting yang gratis tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *