Mengenal Artificial Intelligence Adalah Dan Cara Kerja AI

  • Whatsapp
Artificial Intelligence Adalah

Saat ini, sudah banyak teknologi AI yang ditemui dan diterapkan di berbagai bidang. Memang teknologi ini bukan sebuah teknologi yang benar-benar baru, namun kehadirannya selalu mencuri perhatian karena terbilang unik dan menarik.

Secara umum, Artificial Intelligence adalah penerapan teknologi yang mensimulasikan kecerdasan manusia. Teknologi ini banyak diterapkan dalam program-program mesin atau sejenis asisten virtual sehingga dapat berpikir layaknya seorang manusia.

Memahami Artificial Intelligence

Tidak dapat dipungkiri, dunia teknologi saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat, teknologi AI salah satunya. Teknologi ini sejatinya tidak hanya imajinatif layaknya pada film-film science-fiction saja, namun sudah banyak diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini.

Teknologi AI merupakan suatu sistem kecerdasan buatan yang disematkan dalam sebuah mesin supaya dapat beroperasi, berpikir, dan bekerja layaknya manusia pada umumnya. Banyak yang mengira teknologi ini akan menggantikan peran manusia, padahal teknologi inilah yang dapat membantu pekerjaan manusia dan tetap harus dimanfaatkan secara bijak.

Berbicara mengenai teknologi AI sejatinya tidak terlepas dari perkembangannya. Mungkin Anda baru mendengar teknologi seperti ini beberapa tahun ke belakang, padahal sejatinya konsep kecerdasan buatan sudah ditemukan setelah Perang Dunia II oleh seorang ilmuwan bernama Alan Turing.

Dirinya berpendapat jika manusia dapat mengolah informasi, memecahkan masalah, dan membuat keputusan dari informasi tersebut, maka mesin pun juga bisa melakukannya. Kerangka logis yang dikemukakan Turing inilah yang kemudian memunculkan teknologi artificial intelligence hingga saat ini.

Cara Kerja dan Dampak Penggunaan AI

Teknologi AI bekerja dengan menerapkan algoritma pemrograman dalam sistem komputer. Algoritma inilah yang akan menjadi kerangka pikir untuk memproses dan mengolah berbagai data tang didapatkan. Dengan begitu, AI akan lebih mudah membedakan pola atau fungsi-fungsi tertentu.

Adanya teknologi AI yang kompleks ini tentu membawa manfaat  dan dampak yang besar terhadap kehidupan manusia. Dengan cara kerja yang rumit namun kritis membuatnya mampu memproses berbagai data dengan cermat dan kompleks.

Hanya saja, teknologi AI memiliki dampak besar, baik itu positif maupun negatif. Lantas, dampak seperti apa saja yang bisa diperoleh? Berikut beberapa di antaranya.

1. Hadirnya teknologi terbaru

Adanya kecerdasan buatan memunculkan berbagai teknologi baru yang pastinya memudahkan pekerjaan manusia. Apalagi, sistem ini bisa bekerja lebih cepat, akurat, bahkan minim risiko akibat adanya human error.

Sebagai contoh teknologi yang membuat manusia menjadi lebih santai dalam bekerja atau melakukan sejumlah aktivitas. Dengan menggunakan suara, Anda dapat memerintahkan mesin untuk nyala atau mati. Bahkan berbagai macam kegiatan bisa dilakukan secara otomatis dan mudah.

2. Membantu proses pembelajaran siswa

Di masa pandemi saat ini, proses pembelajaran akademik merupakan salah satu yang paling terdampak. Namun dengan adanya teknologi AI, proses pembelajaran akan bisa dijalankan secara lebih optimal dan ringkas sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua yang terlibat, baik dari guru ataupun siswa.

Kendati demikian, teknologi AI tidak serta merta akan menggantikan peran guru. Teknologi yang ada dalam AI justru bisa sangat memudahkan guru dalam menyusun materi belajar. Siswa juga akan lebih paham dengan materi pembelajaran dengan adanya teknologi ini.

3. Meringankan petugas kesehatan

Dampak lain dari teknologi AI bisa dirasakan dalam bidang kesehatan. Para dokter akan senantiasa cepat mengetahui dan melakukan diagnosis secara tepat. Dengan begitu, teknologi ini dapat memudahkan pekerjaan mereka dan mengurangi risiko besar yang dapat terjadi.

Sejatinya, ada banyak lagi dampak yang ditimbulkan dari adanya teknologi AI dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu di bidang transportasi, hukum dan peradilan, hingga perdagangan.

Sayangnya, teknologi ini sering kali dianggap bisa menggeser peran manusia itu sendiri. Sudah banyak pendapat yang menyatakan bahwa teknologi ini akan membuat beberapa pekerjaan digantikan oleh robot dan memperlebar kesenjangan sosial.

Contoh Penerapan Teknologi AI

Contoh Penerapan Teknologi AI
Penerapan teknologi artificial intelligence sendiri sudah dilakukan sejak lama. Jika dulunya hanya dikenal pada penggunaan komputer saja, kini teknologi AI sudah berkembang dengan pesat di berbagai bidang aktivitas. Berikut beberapa penerapan yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Situs mesin pencari

Anda tentu pernah mengunjungi situs pencarian seperti Google atau Yahoo. Ternyata, situs pencarian seperti ini sudah disematkan sebuah kecerdasan yang akan menentukan hasil pencarian dengan kata kunci yang sudah kita sampaikan. Bahkan, pencarian tersebut terasa tidak terbatas meskipun kata kunci yang kita input hanya terkesan sekilas.

Misalnya jika kita mencari dengan kata kunci “tempat wisata”, maka yang akan muncul di pencarian tidak hanya nama-nama tempat wisata saja, namun juga dengan hal-hal lain seperti harga tiket masuk, berita terkini seputar tempat wisata, bahkan gambar-gambar lain yang berhubungan.

2. Rekomendasi e-commerce

Jika Anda pernah berbelanja online menggunakan situs atau aplikasi e-commerce, tentu sudah sangat hapal jika ada saja rekomendasi yang diberikan oleh sistem pencarian e-commerce tersebut. Bahkan tidak jarang, sistem akan merekam apa yang pernah kita cari dan kemudian merekomendasikannya kembali di masa mendatang.

Inilah salah satu bentuk teknologi AI yang sudah banyak diterapkan. Dengan algoritma yang sedemikian kompleks, tentu sistem akan membantu Anda untuk mendapatkan produk yang kemungkinan memang sedang Anda butuhkan karena sempat dicari beberapa kali.

3. Asisten virtual

Beberapa teknologi asisten virtual seperti Siri di Apple, penunjuk arah di Google Maps, dan sebagainya tentu pernah Anda gunakan. Beberapa contoh tersebut juga merupakan sebuah penerapan AI yang begitu populer dan banyak digunakan.

Asisten ini tentu saja akan sangat membantu Anda dalam pekerjaan sehari-hari meskipun dengan suara atau visual. Misalnya pada Google Maps, asisten virtual ini yang akan menunjukkan jalan sehingga Anda tidak perlu lagi terus-terusan mengecek HP karena dapat membahayakan Anda dalam berkendara.

4. Deepface Facebook

Anda yang menggunakan Facebook juga tentu sudah akrab dengan fitur yang satu ini. Di fitur tersebut, AI difungsikan untuk mengenali wajah seseorang yang ada pada postingan foto. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menandai seseorang secara manual.

Identifikasi yang dilakukan AI ini berdasarkan data yang didapatkan pada saat Anda menandai orang di foto sebelumnya. Dengan data dan saran inilah, penyesuaian algoritma akan disesuaikan dan identifikasi dapat dilakukan secara langsung.

5. Kendaraan otomatis

Di masa depan, Anda tidak perlu repot menstarter kendaraan. Cukup menekan tombol bahkan menggunakan suara, kendaraan seperti mobil atau motor bisa melaju dengan sendirinya. Konsep ini tentu menjadi salah satu penerapan AI dan akan sangat memudahkan manusia.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan teknologi AI, baik dari konsep, dampak yang ditimbulkan, hingga beberapa contoh penerapannya. Sejatinya, Artificial Intelligence adalah hal yang sangat baik dan membantu, namun jika tidak dikontrol dengan baik, maka akan merugikan manusia itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *