Ketahui Perbedaan MacBook Air dan Pro Sebelum Membelinya

  • Whatsapp
Perbedaan MacBook Air dan Pro

Laptop keluaran Apple dikenal dengan kualitasnya yang bagus sekaligus harga yang lumayan mahal. Namun meskipun harganya terbilang mahal, banyak masyarakat yang menggunakannya karena kualitas dan performanya yang bisa diandalkan.

Nah jika Anda berencana untuk membeli laptop Apple yang dikenal dengan nama MacBook itu, sebaiknya simak artikel berikut ini. Kita akan mengulas tentang perbedaan MacBook air dan pro agar supaya Anda bisa memilih tipe yang terbaik sesuai kebutuhan.

Ketahui Perbedaan MacBook Air dan MacBook Pro Sebelum Putuskan Membeli

MacBook Air
Pilihan laptop MacBook menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin memiliki laptop yang ringan, sederhana dan cepat. Laptop keluaran perusahaan asal Cupertino dikenal lebih bertenaga, awet dan memiliki spesifikasi yang jauh lebih mumpuni.

Salah satu alasan mengapa banyak pengguna komputer memilih laptop Apple adalah karena MacBook memiliki desain yang portable, mudah untuk digunakan dan juga memiliki mesin yang tangguh. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari MacBook tipe Air dan Pro yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya.

Bahwa untuk memutuskan membeli salah satu tipe laptop MacBook biasanya tergantung kebutuhan dan anggaran dana yang tersedia. Maka untuk itu Anda harus mempertimbangkan beberapa perbedaan dari kedua tipe MacBook tersebut dengan baik dan benar.

  1. Ukuran dan kualitas layar

    Laptop MacBook air memiliki tebal yang lebih daripada ketebalan MacBook pro. Namun sudut yang runcing dari MacBook air menjadikannya lebih portable dibandingkan MacBook Pro. MacBook memiliki kelebihan merupakan perangkat laptop yang portable sehingga memudahkan Anda untuk membawanya kemanapun Anda pergi.
    Lalu untuk kualitas layar MacBook Air memiliki kualitas layar Retina lengkap dengan LED Backlit Glossy Widescreen dengan resolusi 2500 x 1600 px. Sedangkan untuk MacBook Pro memiliki ukuran layar dengan kualitas Retina Display beresolusi 2560 x 1600 px untuk ukuran layar 13,3 atau resolusi 3072 x 1920 px untuk layar berukuran 16.
    Dilihat dari ukuran dan kualitas layar, jelas terlihat bahwa MacBook Pro lebih unggul dibandingkan MacBook Air. Namun kedua MacBook memiliki fitur True Tone dengan range warna dan tingkat kecerahan yang menjadi perbedaan MacBook air dan pro.

  1. Target pasar

    MacBook Air membidik pasar khusus untuk penggunaan di kalangan pelajar dan pegawai kantor yang dalam aktivitasnya tak butuh penggunaan aplikasi berat. Lalu untuk tipe MacBook Pro memiliki target pasar yang  penggunaannya ditujukan untuk kalangan profesional seperti pembuat konten, editor video hingga desainer. Yang dalam pekerjaannya butuh banyak aplikasi berat sehingga lebih memerlukan laptop yang tangguh untuk mendukung pekerjaannya.

  1. Daya tahan baterai

    Pengguna laptop merk apapun pasti butuh laptop yang memiliki kapasitas baterai yang bertahan lama. Nah untuk kapasitas baterai MacBook Air bisa bertahan hingga 12-13 jam jika memutar video dan mengakses internet saja.
    Sedangkan untuk MacBook Pro hanya bertahan sekitar 10 jam saja untuk aktivitas akses internet dan memainkan video. Anda mengetahui kapasitas yang mana yang memadai untuk memenuhi kebutuhan penggunaan MacBook Anda.

  1. Kapasitas penyimpanan

    Di dalam laptop Kita pasti membutuhkan kapasitas penyimpanan yang cukup. Kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh MacBook Air memiliki RAM hingga 16 GB. Sedangkan untuk penyimpanan SSD hanya sebesar 2TB saja.
    Lalu untuk kapasitas penyimpanan MacBook Pro memiliki RAM hingga 32 GB. Kemudian untuk penyimpanan SSD untuk versi 16 inchi tersedia hingga sebesar 8 TB. Itulah perbedaan MacBook air dan pro dalam hal kapasitas penyimpanan.

  1. Konektivitas

    MacBook Air memiliki dukungan konektivitas yaitu 2 port Thunderbolt. Sedang untuk MacBook Pro mengusung 2-4 port Thunderbolt yang ketersediaannya tergantung seri MacBook yang dipilih. Adapun port yang tersedia bersifat universal tersebut memiliki kemampuan yang memadai untuk transfer data, pengisian daya serta output video yang bisa dilakukan hanya dalam satu port saja. Untuk mendukung konektivitasnya kedua tipe MacBook tersebut dilengkapi dengan 3,5 mm Jack audio, koneksi WiFi dan bluetooth.

  1. Performa laptop

    Kedua MacBook sebenarnya sudah menggunakan chipset Apple M1. Namun untuk MacBook Air masih mengusung prosesor Intel core i3 hingga i7. Kemudian untuk MacBook memiliki dukungan chipset Pro Intel core i5, i7 hingga i9. Kedua MacBook memberikan performa terbaik sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya.

  1. Desain

    Kemudian perbedaan berikutnya adalah dilihat dari desain yang dimiliki kedua MacBook. Sekilas antara keduanya hampir tak terlihat adanya perbedaan yang mencolok. Keduanya memiliki body aluminium dengan tampilan permukaan yang terlihat matte dengan ciri khas laptop Apple yaitu dengan logo yang bisa menyala saat digunakan. Lalu untuk varian warna MacBook air memiliki warna yang lebih bervariasi yaitu gold, silver dan space gray. Sedangkan untuk MacBook Pro hanya silver dan space gray saja yang ada. Dan untuk berat MacBook Air ternyata lebih ringan dibanding MacBook Pro. Tentu lebih portable MacBook Air ketimbang MacBook Pro.

  1. Harga

    Perbedaan MacBook air dan pro yang terakhir adalah dari segi harga. Untuk harga MacBook Air dibanderol mulai harga 12,5 juta. Sedangkan untuk MacBook Pro ditawarkan mulai harga 17 hingga 30 juta rupiah.

Macbook Pro

Tips Cerdas Membeli Laptop MacBook

Agar supaya pembelian MacBook Anda memuaskan dan sesuai harapan maka lakukan beberapa tips berikut ini dalam membeli laptop Apple.

  • Sesuaikan kebutuhan

    Ketahui terlebih dahulu apa saja kebutuhan Anda dalam menggunakan laptop. Pilih jenis laptop yang sekiranya memadai dan bisa mendukung untuk pemenuhan kebutuhan pekerjaan atau aktivitas harian Anda. Terlebih jika Anda juga membutuhkan perangkat laptop yang memiliki dukungan yang lebih lengkap dan memadai.

  • Pertimbangkan budget

    Kemudian tips yang kedua adalah untuk mempertimbangkan anggaran biaya yang Anda miliki untuk membeli unit laptop Apple yang dibutuhkan. Anda bisa melakukan survey harga terlebih dahulu untuk membandingkan antara satu merk dan tipe yang memiliki spesifikasi sesuai yang Anda butuhkan.
    Dalam mempertimbangkan anggaran dan harga ada hal penting yang harus Anda ingat yaitu untuk memilih produk yang berkualitas dan tahan lama. Sehingga Anda bisa menggunakan unit laptop yang lebih lama jangka waktunya.

  • Pilih model yang tepat

    Memilih laptop bukan dari mana laptop yang lebih trend untuk dipakai dan mana yang sudah ketinggalan jaman. Yang terpenting adalah tentang performa dan kualitas dari laptop yang akan Anda pakai nanti. Untuk itu memilih model yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan gaya aktivitas Anda sangat penting untuk diperhatikan.

  • Lihat ukuran layar

    Untuk Anda yang memiliki aktivitas yang membutuhkan penggunaan layar dengan ukuran yang lebih besar, lebih jernih dan memiliki dukungan memadai menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Terutama untuk Anda yang memiliki profesi sebagai pembuat konten, videografer hingga pembuat animasi yang membutuhkan penggunaan layar lebih dari satu.

  • Tanyakan garansi produk

    Jangan lupa untuk melakukan pembelian di toko resmi dari Apple. Karena dengan begitu Anda akan mendapatkan layanan garansi produk dengan jaminan yang lebih memuaskan.
    Jika Anda melakukan pembelian di toko resmi, maka ketika laptop MacBook Anda mengalami kerusakan atau masalah, Anda tinggal membawanya ke toko resmi Apple tersebut untuk mendapatkan perbaikan atau penggantian suku cadang dengan harga yang lebih terjangkau atau bahkan secara gratis. Sekian ulasan tentang perbedaan MacBook air dan pro.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *