Langkah Mudah Memilih Rekomendasi Emulator Android Terbaik

  • Whatsapp

Menggunakan perangkat handphone untuk berbagai aktivitas seperti bermain game memang sudah sangat wajar. Sayangnya, handphone yang berlayar kecil sering kali membuat mata tidak nyaman sehingga tidak jarang Anda membutuhkan sebuah cara untuk mengakalinya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan emulator. Dengan adanya emulator, maka Anda akan bisa menjalankan sistem operasi Android secara langsung melalui layar komputer desktop.

Tentunya, layarnya yang lebih besar dan lega akan memudahkan Anda untuk mengakses aplikasi dan game favorit. Lantas, bagaimana memilih emulator Android terbaik yang cocok?

Memilih Emulator Android yang Tepat

Untuk bisa menjalankan sebuah emulator Android, tentunya harus dilakukan secara cermat dan tepat. Sudah pasti jangan sampai salah supaya proses permainan atau jalannya suatu aplikasi di Android dapat dilakukan secara mulus melalui desktop.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pemilihan emulator tersebut. Apa sajakah itu, berikut beberapa di antaranya:

1. Pilihlah emulator yang ringan

Salah satu hal yang penting untuk membuat penggunaan emulator menjadi efisien adalah ukuran file yang relatif ringan sehingga dapat diakses secara mudah. Performa yang gesit namun tidak membutuhkan space yang besar tentunya juga tidak akan memberatkan PC atau laptop yang Anda gunakan.

2. Sesuaikan dengan kondisi PC

Emulator yang dipilih tentunya juga perlu memperhatikan spesifikasi dan keadaan PC. Apabila PC Anda termasuk yang memiliki spesifikasi rendah, maka sebaiknya pilihlah emulator yang ringan. Jika memang mampu, emulator yang kompleks dan ukurannya besar juga tidak jadi masalah.

3. Mudah dipakai

Tidak sedikit pengguna emulator mengeluhkan penggunaan yang rumit, terlebih di beberapa emulator harus mengaktifkan virtualization terlebih dahulu sebelum benar-benar mengaksesnya. Anda dapat memilih emulator yang bisa dijalankan secara maksimal meskipun tidak selalu menyalakan visualization.

Rekomendasi Emulator Android yang Terbaik

Ada banyak sekali pilihan emulator yang dapat digunakan saat ini, mulai dari yang ringan hingga yang berat, mulai dari yang hanya dapat digunakan untuk bermain game maupun untuk kepentingan lainnya. Berikut 7 pilihan rekomendasi emulator yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

1. Bluestack

Bluestack
Siapa sih yang tidak mendengar produk emulator yang satu ini? Tentu saja pernah, apalagi emulator Android terbaik ini merupakan yang paling populer dan sudah banyak digunakan oleh beragam kalangan, bahkan di seluruh dunia.

Salah satu kelebihan dari emulator ini adalah dukungan terhadap kegiatan bermain game. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memainkan game Android meskipun ditampilkan di layar desktop.

Selain itu, proses instalasi aplikasi ini juga terkenal sangat mudah, tinggal buka saja website resminya, download file installer yang disesuaikan dengan sistem operasi desktop Anda.

2. Genymotion

Genymotion
Anda yang merupakan seorang developer aplikasi tentunya wajib menggunakan emulator Android terbaik yang satu ini. Terlebih, emulator ini termasuk yang cukup ringan untuk diakses.

Dengan emulator ini, Anda dapat melakukan pengujian aplikasi atau game pada beberapa perangkat khusus. Hal ini yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri karena dengan begitu, aplikasi atau game yang sebelumnya telah dikembangkan dapat diketahui performanya melalui emulator ini.

Kelebihan lain dari emulator ini adalah kemampuan untuk melakukan konfigurasi untuk diaplikasikan pada berbagai versi Android sesuai kebutuhan. Misalnya pada handphone Nexus 6 yang memiliki sistem operasi Android 6.0 Marshmellow.

3. GameLoop

GameLoop

Sesuai namanya, aplikasi emulator ini memang lebih berfokus pada pemakaian game Android. Oleh karenanya, apabila Anda ingin menggunakan emulator untuk kepentingan lain, maka bisa melewatkan emulator yang satu ini.

Kendati demikian, emulator yang sebelumnya bernama Tencent Gaming Buddy ini menawarkan berbagai kelebihan yang menarik dan sayang untuk dilewatkan para pecinta game. Sebagai contoh, emulator ini termasuk partner resmi dari game Call of Duty (COD) dan PUBG.

Aplikasi yang bisa diakses secara gratis ini memang tidak cocok untuk mengetes kemampuan sebuah aplikasi Android, namun demikian aplikasi ini merupakan surga bagi para pecinta game online tersebut. Tidak mengherankan karena performanya cukup memuaskan dengan integrasi mouse dan keyboard yang bisa digunakan secara mudah.

4. Nox

Nox
Buat Anda pecinta game, menggunakan emulator yang satu ini sangat cocok dan banyak direkomendasikan. Apalagi kemampuannya yang kompatibel dengan perangkat Windows ataupun Mac. Bahkan, permainan sekelas Mobile Legends pun bisa dengan mudah Anda mainkan menggunakan emulator tersebut.

Fiturnya sangat beragam, Anda bahkan dapat menggunakannya secara lancar karena emulator ini mendukung kontrol dengan gamepad. Kelebihan inilah yang jarang dimiliki oleh emulator kebanyakan sehingga patut dicoba.

Emulator yang juga sering disebut Nox Player ini juga memiliki fitur multi simulator. Dengan fitur ini, tentunya memungkinkan Anda untuk membuka game atau aplikasi yang berbeda di setiap emulator sehingga Anda dapat menggunakan banyak akun secara mudah.

5. YouWave

YouWave

Jika Anda mencari emulator Android terbaik yang relatif paling ringan, Anda dapat memilih emulator yang satu ini. YouWave memang tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang terlalu besar, bahkan komputer dengan Intel Pentium 1,6GHz saja masih bisa mendukung.

Ada dua versi pada emulator ini, yakni yang gratis dan berbayar. Perbedaannya hanya pada kategori versi Android saja sehingga seharusnya tidak menjadi masalah besar buat Anda yang memang ingin menjalankan emulator secara nyaman meskipun ukuran emulator ini tidak terlampau besar.

Buat Anda yang membutuhkan emulator untuk aplikasi ringan, emulator ini bisa menjadi pilihan. Sediakan saja PC atau laptop dengan RAM minimal 2GB dan disk space sebesar 500MB, Anda sudah bisa menjalankan emulator tersebut dengan lancar.

6. Android Studio

Android Studio

Merupakan sistem besutan Google yang secara tidak langsung merupakan emulator resmi dari salah satu raksasa internet tersebut. Dengan adanya emulator yang satu ini, Anda bisa menggunakannya untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android.

Oleh karena itulah, Android Studio dibekali dengan berbagai tools yang dapat membantu para pengembang aplikasi. Tools inilah yang dapat digunakan secara langsung dalam proses pembuatan dan mengetes aplikasi yang sudah dirancang tersebut.

Kendati banyak orang merasa emulator yang satu ini cukup rumit, sejatinya Anda masih bisa menggunakannya dengan mudah dan aman karena update dapat dilakukan secara rutin. Apalagi emulator yang disediakan sudah built-in sehingga terkesan lebih eksklusif.

7. KoPlayer

KoPlayer

Sebagai salah satu emulator Android terbaik yang ringan dan aksesnya cepat, KoPlayer menjadi pilihan selanjutnya yang patut dicoba. Apalagi, emulator ini bisa digunakan melalui Windows ataupun Mac meskipun dengan spesifikasi PC atau laptop yang tidak terlalu tinggi sekalipun.

Fitur yang Anda akan dapatkan pun cukup beragam dan lain daripada emulator kebanyakan. Install aplikasi bisa langsung drag and drop, bahkan terdapat fitur perekaman layar yang hasilnya dapat langsung Anda bagikan atau simpan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *