Tutorial Dan Cara Memindahkan Video ke IPhone

Cara Memindahkan Video ke IPhone

Memindahkan file video ke perangkat iPhone dapat dilakukan dengan berbagai cara. Aplikasi seperti iTunes dan iCloud adalah yang paling sering digunakan untuk transfer media ke iPhone. Aplikasi tersebut akan membuat cara memindahkan video ke IPhone menjadi lebih mudah.

Tutorial dan Cara Memindahkan Video ke IPhone Gratis

  1. Memindahkan video ke IPhone melalui aplikasi iCloud

    Memindahkan video ke IPhone melalui aplikasi iCloud
    Salah satu cara memindahkan video ke IPhone yang mudah adalah menggunakan aplikasi iCloud. Software ini akan memudahkan proses transfer media dari laptop ke perangkat iPhone. Cara untuk memindahkannya adalah sebagai berikut.

  • Pastikan semua perangkat menginstal iCloud

    Memindahkan video dari laptop ke iPhone membutuhkan iCloud. Aplikasi tersebut harus ada di masing-masing perangkat, baik di laptop maupun smartphone. iCloud dapat didownload terlebih dahulu di situs resmi Apple.
    Pastikan Anda memiliki koneksi internet untuk proses instalasi. Lakukan instalasi iCloud pada setiap perangkat yang akan dihubungkan. Tunggu hingga proses instal selesai dan bisa lanjut memindahkan video ke iPhone.

  • Pastikan perangkat memiliki koneksi internet

    Penyimpanan berbasis awan atau iCloud ini tentu hanya bisa diakses dengan jaringan internet. Apabila ingin memindahkan file video ke iPhone, sebaiknya perangkat memiliki sambungan wifi yang bagus. Koneksi yang tidak stabil bisa saja mengganggu dan membuat prosesnya lebih lama.

  • Sambungkan perangkat

    Selanjutnya adalah menyambungkan laptop dengan iPhone menggunakan kabel USB. Pasang dengan benar agar dua perangkat tersebut dapat tersambung. Jika tidak terbaca, periksa sambungan kabel karena bisa saja kurang kencang saat memasukkan kabel tersebut.

  • Masuk ke aplikasi iCloud desktop

    Buka aplikasi iCloud yang sudah diinstall di desktop. Masuk iCloud dengan menggunakan Apple ID. Perlu login dengan Apple ID untuk bisa mengakses penyimpanan di iCloud ini.

  • Pengaturan iCloud Photo Library

    Setelah berhasil masuk menggunakan Apple ID, maka selanjutnya adalah ke pengaturan iCloud. Pilih menu Option, kemudian beri tanda centang pada opsi ICloud Photo Library dan Upload New Photos and Videos from My PC. Klik Apply untuk menerapkan pengaturan ini.

  • Memilih video

    Buka file video di File Explorer dan klik menu iCloud Photos. Selanjutnya klik opsi Uploads Photos and Videos dan Anda bisa memilih video yang akan dipindahkan ke iPhone.
    File yang sudah dipilih akan secara otomatis disinkronasi ke iPhone. Proses sinkronasi ini hanya bisa selesai dengan sambungan internet. Jadi pastikan koneksi internet stabil saat melakukan sinkronasi ini,

  1. Memindahkan video ke iPhone melalui aplikasi iTunes

    Memindahkan video ke iPhone melalui aplikasi iTunes
    Aplikasi iTunes merupakan software bantuan yang mengatur file atau media dari perangkat Apple. Aplikasi ini dapat membantu pengguna iPhone yang ingin memindahkan video ke perangkat smartphone. Beberapa cara memindahkan video ke IPhone melalui iTunes adalah sebagai berikut.

  • Pastikan perangkat memiliki aplikasi iTunes

    Cara untuk transfer media seperti video ke perangkat Apple adalah masing-masing perangkat harus memiliki aplikasi iTunes. Apabila ingin memindahkan video dari laptop ke iPhone, maka harus menginstal iTunes terlebih dulu di laptop tersebut.
    Download iTunes melalui situs resmi Apple atau AppStore. Instal iTunes pada perangkat laptop atau lainnya yang akan digunakan untuk transfer media. Tunggu proses instalasi selesai dan aplikasi dapat dibuka.

  • Menghubungkan perangkat

    Apabila akan mengirim video dari laptop ke iPhone, maka dua perangkat tersebut harus dihubungkan terlebih dahulu. Caranya adalah menggunakan sambungan kabel USB atau kabel iPhone yang tersedia.
    Jika sudah terhubung, maka secara otomatis iTunes di komputer akan membuka. Anda juga bisa membuka sambungan dengan klik menu Device atau yang bergambar iPhone pada bagian menu bar.

  • Pilih video yang akan dipindahkan

    Pada halaman utama iTunes, klik menu utama dan pilih file. Beri tanda centang pada opsi menu Sync Video untuk memilih video apa saja yang akan ditransfer atau dipindahkan ke iPhone.
    Gunakan folder khusus untuk file-file video yang akan dipindahkan ke iPhone. Kumpulkan video dari laptop ke dalam folder khusus yang sudah dibuat tersebut. Cara ini akan membuat transfer video menjadi lebih praktis dan cepat.

  • Transfer video ke iPhone

    Setelah semua video yang akan dipindahkan ada di satu folder, pilih atau centang pada bagian folder tersebut. Klik menu Sync agar file video yang ada di laptop juga masuk di iTunes perangkat iPhone Anda.
    Semua file video yang dipindahkan ke iPhone dapat dilihat di galeri maupun di aplikasi video. Namun terkadang ada masalah yang muncul saat transfer video melalui iTunes yaitu pesan bahwa iCould sedang on. Masuk dulu ke iPhone, hilangkan tanda centang pada iCloud dan lakukan sinkronisasi kembali.

Masalah lain yang mungkin muncul saat memindahkan video ke iPhone melalui iTunes adalah video yang tidak bisa dikirim. Hal tersebut bisa terjadi apabila ekstensi dari file video tidak sesuai atau tidak bisa dibaca oleh iTunes.

  1. Memindahkan video ke iPhone melalui Google Drive

    Memindahkan video ke iPhone melalui Google Drive
    Selanjutnya ada juga cara memindahkan video ke IPhone tanpa menggunakan iTunes yaitu melalui Google Drive. Penyimpanan Google ini tidak jauh berbeda dengan iCloud karena berbasis awan atau cloud. Cara menggunakan Google Drive untuk memindahkan video ke iPhone adalah sebagai berikut.

  • Pilih video

    Langkah pertama adalah memilih file video yang akan dipindahkan. Buat folder baru untuk mengumpulkan file-file video yang akan dipindahkan. Cara ini akan membuat proses pemindahan menjadi lebih mudah.

  • Masuk ke Google Drive versi Desktop

    Buka browser dari laptop dan masuk ke Google Drive. Jangan lupa untuk menghubungkan laptop dengan sambungan internet. Anda tidak bisa membuka Google Drive tanpa koneksi internet.

  • Upload video ke Google Drive

    Setelah membuka Google Drive, langkah selanjutnya adalah melakukan proses upload video. Klik folder yang berisi file video yang sudah dibuat tadi. Tunggu hingga proses upload video selesai.

  • Masuk ke Google Drive dari iPhone

    Video yang sudah tersimpan di Google Drive dapat didownload di berbagai perangkat, termasuk iPhone. Jadi untuk memindahkan video ke iPhone melalui Google Drive adalah dengan cara mendownloadnya.
    Masuk ke browser dan buka Google Drive dari iPhone. Jangan lupa untuk masuk dengan akun yang sama, akun Google yang digunakan di perangkat laptop. Pastikan jaringan internet yang digunakan stabil agar proses pemindahan video ke iPhone ini lebih lancar.

  • Download video ke iPhone

    Semua file yang tersimpan di Google Drive juga dapat diakses dari iPhone. Pilih video yang ada di penyimpanan Google tersebut dan klik download. Tunggu hingga proses download selesai dan video akan tersimpan di perangkat iPhone.

Itulah beberapa cara memindahkan video ke IPhone yang gratis dan mudah.  Proses transfer media untuk perangkat iPhone memang mudah. Transfer video atau file lainnya bisa melalui iTunes, iCloud, maupun aplikasi pihak ketiga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *