Merawat HP Xiaomi dengan Benar, Ini Caranya!

Merawat HP Xiaomi – Xiaomi memang cukup laris di Indonesia, khususnya dalam penjualan perangkat seluler. Ada banyak jenis ponsel Xiaomi yang bisa kamu temukan saat ini, dari ponsel flashgip hingga mid-end, semuanya memiliki keunggulan dan fungsinya sendiri.

Vendor ini memang menawarkan ponsel dengan harga terjangkau, sehingga membuat banyak orang mempertimbangkan kualitasnya. Namun jangan khawatir, Anda tetap akan mendapatkan performa ponsel yang maksimal jika tahu cara merawatnya dengan baik.

Read More

Berikut ini adalah beberapa cara merawat HP xiaomi yang bisa Anda lakukan, cara merawatnya tidak sulit, Anda bisa menjadikannya sebagai kebiasaan sehari-hari. Dengan cara merawat yang benar, ponsel bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Menggunakan Tempered Glass

Agar ponsel Xiaomi tetap awet, Anda sebaiknya menggunakan pelindung layar atau tempered glass. Harga tempered glass cukup terjangkau dan bisa Anda dapatkan dengan mudah, apalagi fungsi TG cukup penting. Anda tentu tidak ingin ponsel terlebih jelek karena layar yang pecah atau tergores.

Agar lebih awet digunakan, ada baiknya menggunakan TG yang berkualitas tinggi, sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Ini tentu lebih baik dibandingkan menggunakan TG yang terbuat dari kaca atau mika, sebab mampu melindung ponsel ketika mengalami benturan yang parah.

Gunakan Casing Tambahan

Berikutnya adalah penggunaan casing tambahan, casing ini bisa Anda gunakna sebagai salah satu pelindung HP Xiaomi. Tidak hanya bagian depan saja yang rawan retak, melainkan juga bagian belakang yang sering muncul goresan dan retakan karena terjatuh.

👉 TRENDING:  Rekomendasi Laptop dengan Harga 5 Jutaan

Cara merawat HP Xiaomi dengan menggunakan casing sebaiknya digunakan benar benar. Sebaiknya tidak menggunakan casing yang memiliki bahan jelly atau mika, sebab tidak memberikan perlindungan yang maksimal. Anda juga bisa menambahkan aksesoris cincin pegangan di bagian belakang ponsel untuk genggaman yang lebih kuat.

Jangan Unduh Aplikasi di Luar Playstore

Mengunduh aplikasi di luar Playstore memang menjadi hal yang harus diketahui oleh semua pengguna ponsel. Dengan mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya, maka keamanan sistem operasi ponsel akan berkurang. Ada banyak masalah yang bisa Anda dapatkan jika mengunduh aplikasi bukan dari Play Store, diantaranya:

  • Kemungkinan ponsel di scamming cukup besar, yang akan merugikan Anda.
  • Ada malware yang sewaktu-waktu bisa masuk dan merusak sistem operasi Android.
  • Merusak sistem operasi yang dimiliki oleh Android karena kemungkinan aplikasi tersebut akan membawa virus.

Untuk Anda yang tidak bisa mendapatkan aplikasi dari Play Store, ada baiknya mengunduh lewat platform yang aman dan memang terpercaya kredibilitasnya. Jangan sampai hanya karena ingin menggunakan aplikasi tertentu, Anda merelakan keamanan Android.

Kondisi Baterai Perlu Dijaga

Baterai merupakan hal yang bermasalah di semua ponsel, sebab makin lama digunakan performa baterai juga akan menurun. Merawat baterai Xiaomi sebenarnya tidak suilt, ada beberapa aspek yang perlu diketahui, diantaranya adalah:

  • Lakukan isi daya secara rutin, apalagi jika memang digunakan dalam jangka waktu lama. Jika bar baterai memiliki tulisan dibawah 20 persen, lakukan charging segera/
  • Jangan gunakan baterai sampai habis, karena akan merusak performa baterai jika dilakukan secara terus menerus.
  • Pastikan Anda menggunakan charger baterai yang asli, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan isi daya dengan cepat.
  • Jangan terlalu sering melakukan isi daya kecuali baterai memang hampir habis, karena bisa merusak cycle life milik baterai.
👉 TRENDING:  5 + Aplikasi untuk Mengecek Kecanduan Gadget Terbaru

Berhati-Hati Ketika Mengakses Website

Saat ini akses menuju internet memang mudah, dengan bantuan jaringan internet dan browser, Anda bisa masuk dan mencari berbagai informasi yang Anda butuhkan. Namun perlu diingat, jangan sampai Anda sembarangan masuk dan keluar dari website secara sembarangan.

Misalna, Anda masuk ke website yang mencurigakan dan mengisi data diri, bisa jadi website tersebut menyimpan malware yang bisa masuk ke dalam ponsel. Merawat Xiaomi memang perlu ketelitian yang baik, terutama ketika ada pop up dan suatu file tiba-tiba terunduh.

Jika ini terjadi, segera batalkan unduhan tersebut, apalagi jika Anda merasa bahwa aplikasi tersebut tidak dibutuhkan. Tidak hanya akan membuat penyimpanan menjadi penuh, ia juga bisa membuat malware masuk karena terunduh melalui website.

Masalah yang Sering Dialami Xiaomi

Banyak pengguna Xiaomi yang mulai hafal keluhan atau masalah yang terjadi dengan penggunaan ponsel dari vendor ini, apalagi jika sudah digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering dialami dan cara mengatasinya jika ponsel Xiaomi Anda mengalaminya.

  1. Baterai yang Cepat Habis

Baterai yang cepat habis sebenarnya tidak hanya menjadi masalah Xiaomi saja, hampir semua ponsel juga mengalami masalah serupa. Baterai yang cepat habis kemungkinan karena mengisi baterai berjam-jam tanpa mencabutnya, yang nantinya akan menurunkan performa ponsel.

 

Merawat Xiaomi untuk bagian baterai memang susah susah gampang, beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaganya tetap awet adalah tidak terlalu lama jika melakukan charging. Tegangan yang digunakan juga harus sesuai, sehingga fitur isi daya cepat juga bisa dimaksimalkan.

 

  1. Menjadi Lambat

Masalah lain yang mungkin terjadi di ponsel Xiaomi adalah performanya yang menurun. Ini tentu akan membuat ponsel menjadi lambat, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika speknya rendah, mengisinya dengan banyak aplikasi juga membuatnya lambat.

👉 TRENDING:  7 Rekomendasi Lensa Kamera Terbaik

 

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah tidak mengisi ponsel dengan aplikasi yang banyak, hapus aplikasi yang tidak digunakan dan pastikan penyimpanan internal tidak penuh.

 

  1. Charger yang Mudah Rusak

Berikutnya adalah urusan pengisi daya atau charger, charger Xiaomi memang mudah rusak, apalagi jika digunakan berlebihan dan dipakai bergantian dengan ponsel dari vendor yang lain. Ini juga disebabkan tegangan yang berbeda pada arus listik.

 

Tidak hanya merawat baterai xiaomi saja yang pelik, urusan charger juga demikian. Ada baiknya Anda menggunakan charger ori bawaan dari ponsel dan melakukan charging dengan tegangan yang sama dengan tegangan yang dibutuhkan charger, sehingga ia tidak mudah rusak.

Masih banyak masalah yang mungkin dialami oleh ponsel Xiaomi, diantaranya adalah bajir iklan yang mungkin terjadi ataupun kualitas ROM yang rendah, sebab diisi oleh aplikasi yang tidak dibutuhakn pengguna.

Untuk masalah tersebut, cara mengatasinya bisa disesuaikan dengan pengguna. Misalnya, dengan tidak menggunakan banyak aplikasi, Anda tetap akan memiliki ROM yang tinggi. Namun Anda tetap bisa menghapus beberapa aplikasi yang ada di ponsel jika memang tidak dibutuhkan selama penggunaan.

Demikianlah berbagai cara merawat HP Xiaomi yang bisa Anda lakukan. Semoga dengan informasi tersebut Anda bisa menggunakan ponsel Xiaomi dalam jangka waktu yang lebih panjang. Jika ponsel yang Anda gunakan mengalami kerusakan, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel atau konter resmi Xiaomi untuk melakukan perbaikan sesuai garansi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *