Cara Merawat Baterai HP Agar Tidak Kembung

Cara Merawat Baterai HP – Baterai HP merupakan komponen penting dalam sebuah handphone. Karena jika baterai tersebut mengalami kerusakan juga akan berpengaruh terhadap performa dari handphone tersebut.

Mungkin pada baterai hp yang bisa dibongkar-pasang masih bisa diperbaiki. Namun, jika HP Anda menggunakan baterai tanam, maka sangat sulit untuk memperbaikinya dan Anda pun juga harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk memperbaiki baterai yang rusak tersebut. Maka dari itu, sangat penting untuk merawat baterai HP Anda.

Read More

Jika Anda tidak mengetahui caranya, maka di bawah ini akan disebutkan cara-cara yang tepat dalam merawat baterai HP agar tahan lama dan awet tentunya. Adapun cara merawat baterai HP adalah sebagai berikut.

  1. Jangan Membiasakan Mengisi Baterai Semalaman

Tindakan mengisi baterai kemudian sambil ditinggalkan tidur memang dirasa cukup menguntungkan, karena pada saat Anda terbangun maka baterai hp sudah terisi penuh.

Namun hal ini sangat tidak dianjurkan karena pengisian baterai hp secara berlebihan akan membuat baterai menjadi tidak tahan lama. Perlu Anda ketahui bahwa baterai HP bisa terisi dengan penuh hanya dalam waktu 2 hingga 3 jam. Namun waktu tidur manusia yaitu sekitar 6 hingga 8 jam.

Maka dari itu, hal ini akan sangat membuat baterai tersebut menjadi cepat rusak bahkan ada yang bengkak atau meledak. Jadi, cara agar baterai hp tahan lama yang pertama yaitu jangan pernah mencharger baterai hp secara berlebihan.

  1. Gunakan Charger Baterai Ori

Biasanya, saat Anda membeli HP baru maka didalamnya juga akan berisi charger ori. Charger inilah yang harus selalu Anda gunakan untuk mengisi daya baterai HP Anda. Hal ini dikarenakan, pengisi daya atau charger tersebut akan berpengaruh terhadap masa pakai baterai tersebut.

👉 TRENDING:  Cara Merawat iPhone agar Tidak Mudah Rusak

Jika Anda menggunakan charger yang tidak ori, maka akan membuat baterai HP Anda lebih cepat rusak karena setiap baterai HP memang sudah disesuaikan dengan chargernya masing-masing. Sehingga, jika Anda menggunakan charger yang memiliki kapasitas yang lebih tinggi atau lebih rendah, maka akan berdampak buruk terhadap baterai tersebut.

  1. Kurangi Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Cara agar performa HP tetap bagus karena baterai yang awet selanjutnya yaitu Anda harus menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Saat ini HP memang dilengkapi dengan RAM dan ROMnya yang mampu menampung banyak sekali aplikasi ataupun file besar lainnya.

Namun tidak disarankan apabila menyimpan aplikasi yang tidak diperlukan, karena juga akan berpengaruh terhadap baterai HP Anda.

  1. Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar

Tahukah Anda bahwa ternyata baterai yang terlalu sering di charger juga akan membuat baterai HP tersebut tidak awet dan cepat rusak. Salah satu penyebab baterai cepat habis ini dikarenakan tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi.

Maka dari itu, Anda harus menurunkan tingkat kecerahan layar tersebut sebagai salah satu cara merawat baterai HP. Jika perlu, Anda juga bisa mengaktifkan Adaptive Brightness  agar bisa membantu Anda dalam menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan jumlah cahaya yang ada di lingkungan Anda.

Hal ini akan mampu membantu menghemat masa pakai baterai dan juga menghemat tekanan, karena akan menyesuaikan secara manual sepanjang waktu.

  1. Mematikan Fitur Getar

Sebenarnya, fitur getar akan sangat berguna dalam memberikan informasi bahwa terdapat notifikasi yang baru masuk. Namun, jika Anda ingin lebih menghemat penggunaan daya baterai sebagai salah satu cara merawat baterai HP agar tetap awet, maka Anda bisa mematikan fitur getar ini.

  1. Menggunakan Mode Daya Rendah
👉 TRENDING:  15 Rekomendasi HP Gaming Terbaik

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar baterai HP Anda menjadi awet yaitu dengan menggunakan mode daya rendah pada HP tersebut. Mode daya rendah atau baterai server di Android dipercaya mampu membantu dalam menghemat banyak baterai dengan membatasi beberapa fungsi ponsel.

Contohnya seperti membatasi jumlah aplikasi yang ada di latar belakang, menonaktifkan fitur getar, mengurangi kecerahan layar dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka baterai hp pun akan bisa bertahan lama karena Anda tidak perlu mencharger terlalu sering.

  1. Jangan Gunakan Hp Saat Mengisi Daya

Cara merawat baterai HP agar tidak cepat rusak yang selanjutnya yaitu Anda tidak boleh menggunakan HP saat sedang mengisi daya baterai. Hal ini dikarenakan menggunakan HP pada saat mengisi batera akan membuat HP tersebut cenderung menarik daya langsung dari pengisi daya dan bahkan mengurangi jumlah daya yang dialihkan ke baterai.

Tentu hal ini akan berdampak buruk terhadap masa pakai baterai. Salah satu contoh dampak buruknya yaitu baterai lebih cepat boros dan bahkan akan cepat kembung.

  1. Konsisten Mengisi Daya

Harus berhenti sejenak menggunakan HP karena baterai sudah mencapai 20% memang cukup menyebalkan. Apalagi jika saat itu Anda sedang asyik menonton film atau bermain game.

Namun mencharger baterai hp secara konsisten yaitu di saat kondisi 20% hingga 80% merupakan kewajiban bagi Anda yang ingin agar baterai HPnya tetap awet. Karena hal ini merupakan salah satu cara merawat baterai HP agar tidak cepat rusak.

  1. Mematikan GPS Atau Lokasi

Entah sadar atau tidak, mengaktifkan GPS atau fitur lokasi juga mampu membuat baterai HP menjadi cepat rusak. Hal ini dikarenakan saat Anda mengaktifkan fitur lokasi akan membuat baterai HP Anda terus terkuras.

👉 TRENDING:  Rekomendasi RAM Gaming Terbaik

Maka dari itu, untuk menghindari pengisian baterai HP yang terlalu sering, maka Anda harus mematikan fitur GPS atau lokasi tersebut.

  1. Kurangi Penggunaan HP

Jika sebelumnya Anda biasa menggunakan HP 20 jam dalam sehari, maka cobalah untuk mengurangi penggunaan HP tersebut. Hal ini dikarenakan mengurangi penggunaan HP dipercaya mampu menjadi salah satu cara merawat baterai HP agar tidak cepat rusak.

Bayangkan saja jika suatu benda digunakan secara terus-menerus tanpa henti, tentu benda tersebut akan cepat rusak bukan? Begitu pula dengan baterai ataupun HP yang Anda gunakan tersebut, pastinya akan lebih cepat rusak jika memang digunakan terlalu sering.

  1. Jika Perlu, Gunakan Aplikasi Untuk Menjaga Kesehatan Baterai

Cara selanjutnya yaitu Anda bisa menggunakan aplikasi yang dibuat untuk menjaga kesehatan baterai serta performa HP Anda. Aplikasi aplikasi sejenis ini bisa Anda download di playstore maupun app store, baik secara gratis ataupun berbayar.

Contoh aplikasi yang bisa digunakan sebagai salah satu cara merawat baterai HP dan performa HP ini yaitu greenify.

Demikianlah informasi seputar cara merawat baterai HP yang baik dan benar agar tidak cepat rusak dan tetap awet serta performa hp pun bisa tetap lancar. Memiliki baterai HP yang tetap bagus dan awet memang diperlukan oleh setiap orang.

Karena saat baterai HP tersebut awet, maka Anda pun tidak perlu mengganti ponsel terlalu sering. Dengan begitu, maka Anda akan menghemat pengeluaran. Jadi setelah mengetahui beberapa cara yang tepat dalam merawat baterai HP diatas, jangan lupa untuk melakukannya secepatnya mungkin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *