Cara Merawat iPhone agar Tidak Mudah Rusak

Cara merawat iphone – iPhone merupakan salah satu ponsel yang cukup laris belakangan, apalagi dengan berbagai pembaruan yang disematkan Apple selaku pengembangnya. Namun meski harganya mahal dan memiliki kualitas yang unggul, bukan berarti Anda tidak merawatnya.

Sebagaimana ponsel pada umumnya, sebagai pengguna Anda tetap harus merawatnya agar tidak mudah rusak. Sama seperti ponsel Android, tetap ada penurunan performa yang dialami oleh Apple, karena itu merawatnya sedini mungkin akan membantu Anda untuk membuat performanya tetap awet meski digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Read More

Trik Merawat iPhone dengan Benar

  1. Rawat Baterai

Baterai yang dimiliki oleh iPhone memang tidak cukup besar, jadi jika Anda sering menggunakannya, besar kemungkinan Anda kerap melakukan proses isi daya. Namun jangan khawatir, bukan berarti baterai yang dimiliki iPhone merupakan baterai yang buruk.

Cara merawat iPhone untuk bagian baterai memang susah susah gampang, sebab cara merawatnya dipengaruhi oleh berbagai aspek, misalnya umur perangkat yang dipaka, kapasitas baterai tersebut dan juga umur pakai. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat baterai iPhone, diantaranya:

  • Pastikan Anda menggunakan baterai charger yang asli untuk melakukan proses isi daya. Jangan pernah menggunakan charger palsu, walaupun jenis dan speknya sama. Jika dilakukan secara berkelanjutan, maka baterai yang dimiliki ponsel akan rusak karena perbedaan tegangan arus.
  • Untuk membuat kinerja baterai tetap baik, ada baiknya Anda tidak mengganti baterai ponsel dengan baterai lainnya, yang tidak sesuai dengan ketentuan Apple.
  • Jika ponsel sudah penuh baterainya, cabut dari charger, jangan diteruskan. Ini merupakan cara merawat baterai iphone yang sering disepelekan pengguna namun memiliki pengaruh yang penting.
  • Ketika sedang melakukan proses isi daya, ada baiknya Anda tidak menggunakan iPhone tersebut, baik untuk browsing, chatting dan lainnya.
👉 TRENDING:  3 Smartphone Terbaru Samsung 5G Berikut Harga Dan Spesifikasi Lengkap

Ketika baterai ponsel sudah menipis, jangan tunggu sampai habis karena akan membuat baterai iPhone cepat rusak. Ketika sudah berada di angka 20 persen, segera charging iPhone yang Anda miliki.

  1. Beli Case yang Berkualitas

Ketika menggunakan ponsel, Anda tidak bisa memprediksi apakah ponsel tersebut akan jatuh atau tergores ketika digunakan. Karena itu menggunakan case atau pelindung merupakan hal yang disarankan. Case ini nantinya akan melindung ponsel dari goresan maupun retakan.

 

Saat ini case iPhone memang bisa ditemukan dengan mudah, apalagi dengan harga yang cukup terjangkau. Namun pastikan bahwa Anda menggunakan case yang terbuat dari bahan anti benturan sebagai salah satu cara merawat iphone agar tidak cepat rusak.

 

  1. Gunakan Pelindung Layar

Sebagaimana ponsel pada umumnya, Anda juga harus melindung layar iPhone dari kemungkinan goresan atau retakan. Meski layar milik iPhone terkenal tangguh, namun bukan berarti Anda tidak melakukan perlindungan sama sekali.

 

Anda disarankan menggunakan tempered glass yang memang khusus untuk iPhone, sehingga memberikan perlindungan yang maksimal. Tidak hanya itu, iPhone yang Anda miliki juga lebih tahan terhadap percikan air, debu, benturan hingga goresan.

 

  1. Melakukan Assistive Touch

Trik merawat iPhone lain yang tidak boleh Anda lewatkana dalah melakukan aktifasi pada Assistive Touch. Dengan cara ini, menu Home tidak akan mudah rusak karena terlalu sering dipencet.

 

Bagi yang belum mengetahui, fitur Assistive Touch merupakan tombol yang digunakan sebagai pintasan. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir penggunaan tombol khusus yang ada di ponsel, sehingga ponsel tidak mudah rusak. Selain untuk menu Home, fitur ini juga bisa Anda gunakan untuk bagian lain, misalnya tombol volume.

👉 TRENDING:  Cara Membuat Google Cardboard Sendiri Dengan Bahan Sederhana

 

Ada banyak pintasan yang bisa Anda buat menggunakan fitur yang satu ini, mulai dari pintasan aplikasi yang sering digunakan, penggunaan Siri, melakukan screen capture, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

  1. Tidak Melakukan Jailbreak

Trik merawat iPhone lain adalah tidak melakukan jailbreak pada perangkat iPhone yang Anda pakai. Jailbreak, meskipun menawarkan penggunaan yang lebih mudah, namun juga membuat iPhone rentan rusak karena tidak menjamin jailbreak akan seratus persen berhasil.

 

Dibandingkan dengan melakukan jailbreak, Anda bisa mengarahkan iPhone yang rusak ke konter atau outlet resmi iPhone. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan garansi serta pelayanan perbaikan yang berkualitas dan sesuai dengan standar milik iPhone. Jika melakukan jailbreak, garansi yang Anda miliki juga akan hangus.

 

  1. Rutin Melakukan Update

Update atau pembaruan memang dimaksudkan untuk membuat ponsel meningkat performa dan fiturnya. Ini juga menghindari adanya bug yang mungkin tertinggal atau masalah lain, sehingga pembaruan memang dianggap sebagai hal yang penting untuk dilakukan.

 

Fungsi lain dari pembaruan adalah melakukan optimalisasi pada iPhone tersebut, sehingga disarankan jika Apple sedang melakukan pembaruan, Anda segera mengaktifkannya. Ini juga menjaga iPhone tetap awet karena bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

 

  1. Hindari Suhu yang Panas

Sebagaimana cara merawat baterai iPhone, Anda juga harus memperhatikan suhu yang dimiliki oleh iPhone ketika digunakan. Jangan sampai terlalu panas, sehingga iPhone mengalami overheat. Pastikan Anda menggunakan iPhone di suhu ruangan yang stabil dan tidak terlalu panas.

 

Udara yang panas akan membuat ponsel mengalami overheat, sebaiknya jangan meletakkan ponsel di dashboard mobil karena suhunya yang tinggi. Apalagi jika dashboard mobil Anda terkena cahaya matahari dalam jangka waktu yang panjang.

👉 TRENDING:  Rekomendasi Smartphone Oppo Terbaik di Tahun 2021

 

  1. Menghindari Air

Selain suhu yang panas, salah satu cara agar iPhone tetap awet adalah menghindarkan iPhone dari air. Semua alat elektronik, meskipun sudah memiliki klaim tahan terhadap cipratan air, namun bukan berarti Anda bisa dengan mudah mendekatkan iPhone ke air.

 

Seperti yang diketahui, Apple tidak menerima garansi jika iPhone yang Anda gunakan terkena air. iPhone memang memiliki seal khusus yang membuatnya tahan terhadap air, namun seiring berjalannya waktu, kekuatan seal tersebut tentu akan menurun.

Sebagai cara merawat iPhone yang terakhir, jangan lupa untuk sering membersihkan iPhone dari berbagai kotoran maupun debu. Selain membuatnya tetap menarik, performa yang dimiliki juga akan terjaga karena hardware dalam keadaan bersih. Tips lain yang bisa Anda coba antara lain:

  1. Tidak menggunakan speaker dalam keadaan maksimal, sebab seiring berjalannya waktu, suara yang dikeluarkan akan makin buruk.
  2. Kurangi atau hapus aplikasi yang tidak diperlukan, seperti yang diketahui, RAM iPhone tidak terlalu besar.
  3. Jangan membersihkan iPhone dengan mencucinya, sebab akan membuatnya rusak dan tidak dapat di klaim garansi.
  4. Jangan menggunakan power bank atau charger yang memiliki kualitas atau daya listrik yang rendah, sebab akan menurunkan performa baterai iPhone jika dilakukan secara berkepanjangan.

Demikianlah berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat iPhone yang dimiliki. Ketika melakukan pembelian, Anda bisa bertanya kepada SC untuk memberikan tips dan cara merawat iPhone dengan baik agar pemahaman yang Anda miliki semakin jelas, semoga bermafaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.