Cara Download Zoom Di Laptop, Meeting Jadi Makin Lancar

Cara Download Zoom Di Laptop

Cara Download Zoom Di Laptop –  Sekarang ini, Zoom menjadi salah satu jenis aplikasi yang banyak digunakan untuk berbagai pertemuan secara virtual mulai dari kuliah, meeting pekerjaan, dan bahkan juga webminar-webminar. Kehadiran aplikasi video conference ini semakin memudahkan banyak kalangan untuk bisa bertemu secara virtual di tengah ancaman pandemi yang masih belum mereda.

Bila dibandingkan dengan aplikasi telekonferensi lainnya, Zoom cenderung memiliki tampilan user interface yang mudah untuk dipahami bahkan oleh para pengguna pemula sekalipun. Untuk memaksimalkan potensi dan manfaat dari penggunaan aplikasi Zoom, banyak orang yang lebih suka memasang dan menggunakan aplikasi ini di laptop.

Mengenal Apa Itu Aplikasi Zoom

Sebelum mengulas secara lebih lanjut terkait dengan cara mendownload aplikasi Zoom di laptop, tidak ada salahnya jika terlebih dahulu Anda perlu mengetahui informasi seputar pengertian dari aplikasi Zoom itu sendiri.

Secara sederhana, Zoom merupakan sebuah aplikasi online yang bisa digunakan untuk melakukan pertemuan atau meeting secara virtual dengan melibatkan banyak pengguna. Lewat aplikasi ini, Anda bisa saja menggelar berbagai macam jenis pertemuan online mulai dari kuliah, pembelajaran online, meeting kerja, seminar, dan lain sebagainya.

Aplikasi Zoom dapat dijalankan di perangkat smartphone ataupun juga laptop. Namun untuk keperluan presentasi ataupun rapat, umumnya akan lebih mudah bila mengakses zoom dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau semakin banyak pengguna yang melakukan pengunduhan aplikasi zoom di laptop mereka.

Spesifikasi Minimum Yang Dibutuhkan Untuk Menginstall Zoom di Laptop

Sebelum membahas secara terperinci mengenai cara download zoom di laptop, ada baiknya jika terlebih dahulu Anda mengetahui mengenai spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk menginstall aplikasi zoom di perangkat laptop.

👉 TRENDING:  Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa Dibuka

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa persyaratan spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk memasang aplikasi Zoom di laptop Anda :

  • Sistem OS : Windows (7, 8, 8.1, 10), Red Hat Enterprise Linux (6.4 atau yang lebih tinggi), Ubuntu (versi 12.04 atau yang lebih tinggi), CentOS (versi 6.4 atau yang lebih tinggi), Mint (versi 17.1 atau yang lebih tinggi), Fedora (versi 21 atau yang lebih tinggi), OpenSUSE (versi 13.2 atau yang lebih tinggi), dan ArchLinux (64 bit).
  • Kapasitas RAM : 4 GB
  • Processor : minimal Single-core 1 GHz.
  • Hardware : kamera, microphone, dan speaker.

Sebelum Anda melakukan instalasi atau masuk ke aplikasi zoom di laptop, ada baiknya kalau terlebih dahulu Anda memastikan bahwa perangkat yang dimiliki sudah sesuai dengan persyaratan minimum yang ditentukan di atas agar penggunaan aplikasi zoom menjadi semakin lancar.

Baca Juga : Merk Laptop Terbaik Untuk Zoom Meeting

Cara Download Zoom Di Laptop Dengan Mudah

Cara Download Zoom di laptop

Bagi Anda yang ingin bisa menggunakan aplikasi zoom di laptop, tentunya harus mengunduh dan melakukan instalasi terlebih dahulu aplikasi ini. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda gunakan untuk mendownload aplikasi zoom di perangkat laptop Windows yang Anda miliki.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengunduh aplikasi zoom di perangkat laptop adalah dengan menghubungkan laptop Anda ke jaringan internet terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, silakan Anda bisa membuka web browser yang Anda miliki diperangkat laptop tersebut. Bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Microsoft Edge, dan berbagai jenis browser internet lainnya yang biasa Anda gunakan.
  3. Kemudian, silakan Anda bisa mengunjungi situs pengunduhan resmi zoom yang ada di alamat https://zoom.us/download dari browser laptop tersebut.
  4. Langkah selanjutnya adalah silakan Anda bisa klik tombol Download yang ada di halaman tersebut. Silakan memilih jenis installer yang sesuai dengan versi perangkat Windows Anda. Apabila komputer Anda menggunakan versi 32-bit silakan pilih installer versi 32-bit dan jika laptop Anda versi 64-bit silakan pilih versi installer zoom 64-bit.
  5. Tunggu proses pengunduhan tersebut hingga selesai dilakukan.
  6. Apabila proses pengunduhan installer zoom tersebut sudah selesai, silakan Anda bisa membuka folder download yang ada di perangkat laptop Anda (bisa disesuaikan dengan pengaturan penyimpanan hasil unduhan Anda, namun biasanya untuk pengaturan default akan langsung tersimpan di local disk C pada folder download).
  7. Kemudian, lakukan double click pada file installer yang sudah berhasil diunduh tersebut. Lakukan proses instalasi sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Biasanya Anda hanya perlu klik Next dan Next hingga selesai seperti pada proses instalasi aplikasi umumnya.
  8. Setelah proses instalasi tersebut selesai dilakukan maka Anda pun sudah bisa mencoba menggunakan aplikasi zoom tersebut. Caranya silakan Anda bisa buka aplikasi Zoom tersebut.
  9. Jika Anda ingin bergabung dengan meeting maka silakan bisa langsung klik tombol “Join a Meeting”. Namun apabila terlebih dahulu ingin login ke dalam akun Zoom yang Anda miliki silakan Anda bisa klik bagian tombol “Sign In” dan silakan login menggunakan akun Google yang Anda miliki.
👉 TRENDING:  Cara Belajar Trading Forex bagi Pemula dengan Benar

Setelah melakukan beberapa cara download aplikasi zoom di laptop tersebut, Anda pun sudah bisa menggunakan aplikasi zoom dengan mudah di perangkat laptop yang Anda miliki.

Keunggulan Aplikasi Zoom Untuk Meeting Online

Setelah mengulas tentang cara download zoom di laptop, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi Zoom. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan saat Anda menggunakan aplikasi Zoom.

  • Memiliki Kapasitas Ruang Pertemuan Virtual Yang Besar

Zoom mempunyai kemampuan dan kapasitas yang relatif cukup besar untuk menampung peserta konferensi online dalam waktu bersamaan. Sebagai contoh, untuk Zoom Cloud Metting dapat menampung hingga seribu partisipan di dalam satu room sehingga akan sangat membantu untuk penyelenggaraan webminar ataupun kuliah umum.

  • Kualitas Audio dan Video Yang Mumpuni

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Zoom adalah memiliki audio dan video dengan kualitas yang sangat baik dan mumpuni. Dengan demikian Anda bisa menyampaikan atau menerima materi presentasi dengan lebih mudah dan optimal karena tampilan video yang optimal dan suara yang jernih.

  • Sudah Mendukung Untuk Presentasi

Keunggulan berikutnya yang ditawarkan oleh aplikasi meeting zoom adalah sudah mendukung untuk penggunaan presentasi. Para partisipan di dalam telekonferensi tersebut akan dapat melihat file yang sedang dipresentasikan oleh narasumber.

  • Tersedia Dalam Berbagai Perangkat Yang Fleksibel

Kelebihan berikutnya yang bisa didapatkan dari penggunaan aplikasi zoom adalah dapat diakses dalam berbagai perangkat dengan mudah. Selain bisa digunakan pada laptop, aplikasi ini juga bisa Anda install di smartphone berbasis Android ataupun iPhone. Dengan demikian Anda bisa join meeting dengan mudah dari manapun.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara download zoom di laptop yang perlu Anda ketahui. Berbekal dengan pembahasan yang telah disampaikan tersebut, kini Anda tidak perlu bingung lagi apabila hendak melakukan pengunduhan aplikasi Zoom di komputer untuk memenuhi kebutuhan meeting online Anda.

👉 TRENDING:  Ketahuilah 8 Cara Screenshot Di Laptop Praktis Dan Anti Ribet

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.