Ketahui Penyebab dan Solusi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Play Store Tidak Bisa Dibuka

Saat ini kehidupan umat manusia sudah sangat maju dan sangat modern, hal ini terlihat dari semakin banyaknya teknologi canggih yang diciptakan. Namun tentu saja secanggih apapun sebuah teknologi akan ada kelemahan di dalamnya. Seperti contohnya yang paling banyak digunakan oleh manusia adalah smartphone, salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah Play Store tidak bisa dibuka.

Smartphone sendiri adalah suatu teknologi canggih yang tentu saja saat ini hampir dipakai oleh semua orang yang hidup di dunia ini. Smartphone sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup seorang manusia yang hidup di zaman modern seperti sekarang ini. Karena smartphone bisa dikatakan menyediakan berbagai kebutuhan yang dapat mempermudah kehidupan seluruh umat manusia yang menggunakannya.

Smartphone sendiri memiliki berbagai fitur menarik yang membuatnya sudah lebih dari sekadar alat untuk berkomunikasi saja melainkan di dalamnya juga ada banyak sekali hal lain yang dapat ditemukan. Salah satu fitur yang paling banyak menarik minat orang untuk menggunakan smartphone adalah kualitas gambar dari kameranya yang sangat tajam bahkan hampir seperti menggunakan kamera profesional.

Selain itu ada juga suatu fitur yang bernama Play Store, dimana tentu saja fitur tersebut sudah sangat familiar dengan telinga para pengguna smartphone. Di dalam fitur Play Store tersebut ada berbagai aplikasi dan juga game yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar untuk para pengguna smartphone. Seperti contohnya berbagai aplikasi pemutar musik.

Namun kendala yang banyak dialami oleh para pengguna smartphone adalah Play Store tidak bisa dibuka. Jika sudah terjadi demikian maka kebanyakan pengguna smartphone tentu saja akan merasa sangat kesal karena mereka tidak bisa mengunduh berbagai aplikasi ataupun game yang ada di dalam Play Store tersebut. Padahal biasanya ada aplikasi penting yang harus segera di unduh.

Penyebab Play Store Tidak Bisa Dibuka

Segala hal yang ada di dunia ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing hal itu juga berlaku pada aplikasi Play Store ini sendiri di mana tentu saja masih ada banyak sekali kendala seperti contohnya aplikasi tersebut tidak bisa dibuka, maka kenalilah beberapa penyebabnya di bawah ini supaya dapat mengatasinya dengan mudah.

  • Koneksi Internet Lemah

    Penyebab yang paling umum terjadi di adalah koneksi internet yang melemah. Lemahnya koneksi internet memang bisa tergantung oleh berbagai macam faktor, yang memang sebagian besar tidak bisa diantisipasi oleh para pengguna smartphone. Ketika koneksi internet lemah bukan tidak mungkin Play Store menjadi tidak dapat dibuka.
    Koneksi internet memang menjadi hal yang sangat vital bagi para pengguna smartphone, karena ada banyak hal di dalam smartphone yang hanya dapat dilakukan ketika smartphone tersebut tersambung ke jaringan internet yang kecepatannya stabil. Maka untuk menunjang penggunaan dari smartphone itu sendiri, sangat penting bagi para pengguna smartphone untuk menjaga koneksi internet mereka.

  • Sistem Operasi Perlu Di Upgrade

    Hal selanjutnya yang juga menjadi penyebab utama Mengapa Play Store tidak dapat dibuka adalah sistem operasi smartphone tersebut yang sudah tertinggal. Sistem operasi yang sudah tertinggal tersebut, jika masih terus digunakan tentu saja akan menyebabkan berbagai macam kendala untuk smartphone yang digunakan.
    Karena di dalam sistem operasi yang lama tersebut masih terdapat banyak sekali kelemahan dan juga bug, yang dapat membuat kinerja dari smartphone yang digunakan menjadi kurang maksimal. Salah satu contohnya adalah tidak dapat dibukanya berbagai macam aplikasi yang ada di dalam smartphone tersebut seperti contohnya Play Store.

  • Terjadi Kerusakan Smartphone

    Penyebab yang terakhir yang juga banyak terjadi adalah, adanya kerusakan yang dialami oleh smartphone tersebut. Kerusakan yang dimaksud bisa terjadi pada bagian hardware maupun software smartphone tersebut. Tidak heran jika pada akhirnya kerusakan tersebut membuat fungsi dari smartphone menjadi terganggu.
    Kerusakan tersebut bisa terjadi karena kesalahan pengguna seperti contohnya menjatuhkan smartphone, membuat smartphone terkena air atau juga bisa karena penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan. Jika pada awalnya hanya terjadi permasalahan seperti tidak bisa membuka beberapa aplikasi, namun jangka panjangnya smartphone tersebut juga bisa mengalami kerusakan total.
    Perlu diketahui bahwa untuk menangani kendala, gangguan atau kerusakan yang terjadi pada smartphone meskipun terlihat begitu sederhana dan mudah dilakukan, ada baiknya hal tersebut hanya dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli memperbaiki smartphone. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi kerusakan lain yang lebih parah karena kurangnya pengalaman yang dimiliki.
    Namun jika yang terjadi hanya kendala – kendala kecil yang tidak terlalu parah seperti contohnya Play Store yang tidak dapat dibuka, maka ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menangani hal tersebut dengan cepat. Karena Terkadang seseorang sangat terdesak untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam waktu dekat.

Cara Mudah Mengatasi Play Store Yang Tidak Dapat Dibuka

Cara Mudah Mengatasi Play Store Yang Tidak Dapat Dibuka

Bagi Anda yang mengalami permasalahan yang sangat mengganggu tersebut, pertama Anda tidak perlu panik dan menduga bahwa smartphone Anda rusak, karena bisa jadi kendala tersebut hanya disebabkan oleh penyebab yang sepele. Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi fitur Play Store yang tidak dapat dibuka.

  • Bersihkan Cache

    Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membersihkan cache yang ada di dalam aplikasi tersebut. Karena banyaknya cache memang dapat menghambat kinerja dari smartphone tersebut. Cara membersihkannya juga cukup mudah. Masuk ke menu setting, buka aplikasi & notifikasi lalu tekan clear cache.

  • Periksa Setelan Tanggal Dan Waktu

    Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka selanjutnya adalah setelan waktu dan tanggal yang tidak akurat. Banyak orang yang belum tahu jika setelan tanggal dan waktu juga menentukan kinerja dari sebuah smartphone. Oleh karena itu pastikan bahwa setelan tanggal dan waktu Anda sudah akurat agar Play Store dapat berjalan dengan normal.

  • Periksa Akun Google

    Agar bisa bekerja dengan maksimal, pada awal penggunaan seorang pengguna smartphone harus memasukkan akun Google terlebih dahulu ke dalam sistem operasi yang ada di dalam smartphone tersebut. Ketika Play Store tidak dapat dioperasikan bisa jadi ada permasalahan pada akun Google yang digunakan.

  • Periksa Sistem Operasi

    Sebuah smartphone akan senantiasa mendapatkan pembaruan sistem operasi dari waktu ke waktu. Oleh karena itu sebagai pengguna smartphone yang bijak maka Anda harus selalu memastikan bahwa sistem operasi smartphone Anda sudah yang terbaru, hal tersebut bisa mencegah smartphone mengalami kendala seperti Play Store yang tidak dapat dibuka.

  • Pastikan Koneksi Internet Stabil

    Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan mengecek koneksi internet yang terhubung ke smartphone yang digunakan tersebut. Karena ada banyak sekali kasus yang terjadi di mana Play Store tidak dapat dibuka karena lemahnya koneksi internet yang digunakan. Maka meskipun terlihat sepele mengecek koneksi internet adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *