Solusi dan Cara Download Plugin IDM untuk Google Chrome yang Hilang

Download Plugin untuk Google Chrome
Download Plugin untuk Google Chrome

Download plugin IDM untuk google chrome – Internet Download Manager atau akrab disebut sebagai IDM, adalah salah satu aplikasi untuk memanajemen download, sehingga download menjadi lebih cepat dari pada download konvensional lewat browser.

Keunggulan inilah yang membuat internet download manager banyak digandrungi oleh masyarakat sebagai alat mendownload aplikasi, file, video dan sebagainya. Namun ada satu masalah yang sering terjadi, yaitu plugin tidak terdeteksi di google chrome. Bagaimana cara untuk mengatasi ini, tentu dengan download plugin IDM untuk google chrome.

Apa Solusi dan Cara Download Plugin IDM untuk Google Chrome?

Google chrome adalah aplikasi browser terpopuler yang digunakan masyarakat untuk mencari atau sekedar berselancar dengan lancar. Banyak sekali fungsi yang ditawarkan dari google chrome, salah satunya ekstensi agar terhubung dengan alat download tercepat IDM. Namun sering kali ditemui tidak dapat terdeteksi.

Apa itu IDM

IDM atau disebut Internet Download Manager adalah aplikasi atau program untuk pengunduhan yang lebih cepat daripada pengunduhan biasa melalui browser bawaan atau yang digunakan. Fitur fast download ini memang sangat canggih.

Sehingga kinerjanya tidak dapat dilampaui dengan aplikasi yang sejenis. IDM dikembangkan oleh Tonec Inc dan rilis sejak tahun 2011 di New York, Amerika Serikat.

Fungsi dari IDM

Fungsi dari IDM sendiri adalah memaksimalkan kecepatan download dengan memfokuskan jaringan pada satu kegiatan. IDM dapat terhubung dengan platform browser anda secara otomatis, yang memungkinkan anda ketika anda mengklik download.

Maka secara interface IDM secara otomatis muncul dan mendownload file anda. Untuk kecepatan download, diklaim IDM dapat mencapat sekitar 500% dari sebagian besar perangkat sejenis. Selain itu jika download anda mengalami error anda bisa mengulangi kembali atau dilanjutkan yang dimana mempermudah dalam  menghemat waktu.

👉 TRENDING:  Inilah Daftar Rekomendasi Broker Forex Terpercaya Tersertifikasi

Keunggulan dan Manfaat dari  IDM

Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari software IDM ini. Memang software tersebut belum sebanding dengan performa IDM. Rating tertinggi untuk software seperti ini masih dipegang oleh IDM.

IDM memiliki beberapa keunggulan, antara lain kemampuan meningkatkan kecepatan download hingga lebih dari 5 kali lipat, fungsi resume download tanpa takut gagal, kemampuan mengatur waktu download, dan mengurangi risiko komputer atau laptop terinfeksi virus.

  • Mengurangi Resiko Komputer Terkena Virus

IDM juga memiliki perlindungan untuk file dengan program antivirus. . Sehingga file yang didownload selanjutnya bisa bebas dari virus apapun, seperti Trojan, Malware, Adware, RAT. IDM juga akan otomatis menjalankan antivirus seperti Spybot, Avast, McAffe, Internet Security, CCleaner dan lainnya untuk melindungi pengguna dari file berbahaya saat mendownload file atau dokumen.

  • Mampu Meningkatkan Kecepatan Download Hingga Lebih dari 5 Kali Lipat

Software ini memiliki kecepatan yang luar biasa, IDM mampu meningkatkan download Anda hingga 5 kali lebih cepat berkat dukungan teknologi pintar Intelligent Dynamic File. Tidak seperti aplikasi lain, IDM menjalankan proses pengunduhan secara dinamis selama proses pengunduhan.

Selain itu, Anda dapat menggunakan kembali koneksi yang ada tanpa harus mengulangi koneksi sehingga unduhan dapat dijeda atau dijeda dan dapat dilanjutkan kapan saja.

  • Dapat Mengatur Waktu Unduh dan Maksimal Kecepatan Download

Pengguna IDM memiliki kebebasan untuk menentukan kapan harus mengunduh file yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna. Anda dapat meninggalkan atau membiarkan komputer menyala dan IDM akan menyelesaikan proses pengunduhan.

Nah, keuntungan lainnya adalah Anda dapat menyinkronkan file dari komputer Anda ke tempat lain menggunakan penyimpanan cloud. Dengan menggunakan layanan ini, Anda tidak perlu melakukan pembayaran berlangganan apa pun.

  • Ada Fungsi Unggah Resume
👉 TRENDING:  Begini Cara Membuat Google Cardboard Sendiri Di Rumah

Ini mungkin salah satu manfaat favorit yang paling dihargai oleh pengguna IDM, termasuk Anda dan saya. Internet Download Manager dapat melanjutkan unduhan yang telah dihentikan karena masalah teknis atau non-teknis, seperti jeda atau koneksi yang tidak stabil.

Fitur ini adalah salah satu yang terbaik jika selama proses pengunduhan terjadi masalah yang tidak terduga. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah selama proses pengunduhan.

Cara Memperbaiki Ekstensi IDM Tidak Terdeteksi Google Chrome dan Donwload Pluginnya

Kembali lagi ke topik utama yaitu, plugin tidak terdeteksi oleh google chrome atau tidak terinstal di google chrome. Mungkin anda sudah menginstal IDM di komputer anda, tapi masih tidak terdeteksi oleh browser chrome anda. Nah untuk beberapa penyebabnya ada beberapa hal:

  1. Pemasangan IDM yang tidak benar dapat menghilangkan pop up, yang dimana anda tidak akan bisa langsung mendownload file tersebut lewat IDM jadi harus lewat manual.
  2. IDM atau Google Chrome belum dipudate ke versi terbaru.
  3. IDM free atau belum diaktivasi.

Dari beberapa hal diatas maka dibawah ini adalah solusi untuk mengatasi hal tersebut:

  • Pastikan Selalu Update IDM dan Google Chrome Anda

Pastikan bahwa IDM yang anda gunakan selalu terupdate, agar bisa selalu diaktifkan di google chrome. Serta jangan lupa update juga google chrome anda.

  • Cek Ekstensi

Jika sudah anda instal IDM dan Google Chrome terbaru, maka anda selanjutnya cek ekstensi melalui google chrome di pojok kanan atas dengan titik 3 horizontal. Kemudian geser kebawah temukan ekstensi. Pastikan jika ada integrasi IDM, jika anda menemukan tapi belum berwarna hijau atau diaktifkan maka anda tinggal aktifkan.

Jika anda tidak menemukan ekstensi IDM maka anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

  • Download Plugin IDM
👉 TRENDING:  Cara Merubah Tampilan Android Menjadi Samsung Galaxy S5 dengan Aplikasi

Nah jika cara diatas tidak dapat anda lakukan maka selanjutnya anda bisa melakukan download plugin IDM. Google chrome menyediakan chrome web store yang berisi ekstensi yang memiliki berbagai macam fungsi. Salah satunya adalah IDM, caranya adalah:

  1. Pergi ke google search
  2. Ketik google chrome web store
  3. Masuk ke kolom pencarian, cari IDM plugin
  4. Kemudian add extension ke google chrome.

Setelah langkah ini kemungkinan IDM anda akan terbaca oleh google chrome. Namun jika tidak bisa maka anda bisa ikuti cara terkahir dibawah ini

  • Instal Ulang IDM

Tutup google chrome anda terlebih dahulu. Coba anda uninstall IDM anda dan install ulang dan jika terdapat antivirus maka masukkan IDM ke daftar pengecualian agar tidak ada file dari IDM yang hilang. Jika masih tidak berhasil maka anda bisa ikuti langkah selanjutnya.

Kesimpulan

Google Chrome dan IDM menjadi alat utilitas yang sering digunakan oleh orang kebanyakan. Google chrome populer karena banyak fitur yang dapat digunakan pengguna. Dan IDM gunanya untuk mendownload cepat.

Memang banyak sekali yang menggunakan, juga tidak sedikit yang mengalami masalah seperti ekstensi IDM yang tidak terdeteksi dan hilang dari google chrome. Maka dari itu kami sajikan kepada anda beberapa solusi dan cara download plugin IDM untuk google chrome melalui web store. Semoga dapat berhasil dalam mengatasi masalah anda, selamat mencoba dan menjadi panduan untuk Anda kedepannya terimakasih sudah membaca artikel ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.