Rekomendasi RAM Gaming Terbaik

Rekomendasi RAM Gaming Terbaik

WAGOMU.ID – RAM atau Random Access Memory merupakan “alat” yang digunakan untuk menyimpan data sementara dalam perangkat komputer dan perangkat pintar lain. Sedangkan untuk kebutuhan gaming, ada berbagai RAM gaming terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

Cara RAM Bekerja

RAM bekerja dengan cara membaca instruksi program yang kemudian dieksekusi processor dalam satu perangkat. Contohnya dalam perangkat komputer, Anda bisa menjalankan berbagai program, lalu selesai dan mematikan komputer, RAM bekerja saat program berjalan tapi tidak menyimpan data dari program yang berjalan tersebut.

Karena itulah RAM disebut sebagai ‘memori volatil’ atau media penyimpanan sementara saat komputer tersambung sumber daya. Sedangkan komponen yang bertugas menyimpan data dan bisa dibuka kembali setelah komputer mati adalah drive atau penyimpanan.

Di dalam komputer terdapat 2 jenis drive yaitu HDD dan SSD. Sedangkan pada smartphone terdapat memori internal atau storage. Sedangkan tipe penyimpanan tentu berbeda sebutannya.

RAM yang ada pada komputer membutuhkan akses lebih cepat ke data sementara untuk mengoperasikan program. Data sementara tersebut ditulis program atau game ke RAM, bukan drive, karena aksesnya lebih cepat pada CPU.

RAM Gaming Terbaik Untuk Saat Ini

Setelah Anda mengetahui cara kerja RAM, Anda bisa menentukan mana RAM terbaik yang bisa Anda gunakan untuk keperluan Anda, khususnya untuk gaming. Lebih lengkapnya, berikut rekomendasi RAM khusus gaming yang bisa Anda pilih di bawah ini.

  1. Corsair

    Corsair memiliki satu produk terbaik, baik itu tipe DIMM maupun SODIMM. RAM dari Corsair juga dikenal awet dan juga mudah ditemukan. Sedangkan salah satu seri dari Corsair yang terbaik adalah Vengeance sebagai tipe RAM terbaik untuk gaming.
    Dengan kualitas yang baik dan juga cukup terkenal, RAM dari Corsair ini memiliki harga yang cukup tinggi jika dibandingkan merek lain dengan kapasitas serupa.

  1. Skill

    G.Skill merupakan merek terbaik asal Taiwan yang sudah memproduksi RAM dengan kualitas terbaik. Merek satu ini umumnya bisa ditemukan pada laptop atau perangkat komputer yang memiliki spesifikasi tinggi.
    Seperti halnya Corsair, G.Skill pun terkenal karena harganya yang begitu tinggi. Harga tersebut sudah jelas tidak bisa membohongi kualitas yang dimiliki produk tersebut. Begitu juga RAM G.Skill yang tentu saja memiliki kualitas terbaik.

  1. Transcend

    Transcend adalah merek RAM yang berasal dari Taiwan dan sudah lama menjadi produsen yang memproduksi berbagai komponen komputer. Merek satu ini juga tergolong populer bagi pengguna di Indonesia dan RAM yang dibuat oleh Transcend juga cukup banyak dibeli.
    Transcend mengeluarkan berbagai varian RAM yang memiliki harga terjangkau, tapi produk yang ada tetap memiliki kualitas.

  1. Kingston

    Kingston merupakan merek yang cukup populer di Indonesia dan memang sudah lama memproduksi komponen memori. Sedangkan produk yang banyak dikeluarkan adalah Flashdisk, SSD, dan sudah pasti RAM. Bahkan Flashdisk Kingston menjadi merek sejuta umat.
    Banyak tipe RAM yang dikeluarkan oleh Kingston dan memiliki harga terjangkau dan kualitas yang terbilang baik. Salah satu tipe terbaik adalah Kingston HyperX FURY.

  1. Hynix

    Hynix merupakan merek RAM yang tergolong bagus. Hynix berasal dari Korea Selatan dan berdiri pada tahun 1983. Merek ini sudah sangat berpengalaman dalam industry semikonduktor dan sudah banyak memasok RAM hingga seluruh penjuru dunia dan membuatnya dikenal oleh banyak orang.
    Bahkan banyak produsen laptop yang menggunakan RAM dari Hynix. Karena itu, produk dari Hynix ini sudah tidak perlu diragukan lagi akan kualitasnya.

  1. Patriot

    Patriot adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang aksesoris gaming dan RAM (performance memory) sejak 1985. Berbagai kategori produk yang dikeluarkan adalah headset, keyboard, USB flashdisk, mouse gaming, SSD, dan sudah pasti RAM.
    Meski tidak begitu terkenal dibandingkan brand lain, Patriot adalah pemasok RAM dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau. Terdapat lini produk RAM gaming terbaik dengan tajuk Viper Gaming dengan berbagai RAM gaming yang berkapasitas dan performa yang bervariatif.

  1. Adata

    Adata Technology adalah perusahaan pembuat RAM yang berasal dari Taiwan dan berdiri sejak 2001. Selain memproduksi RAM, perusahaan ini juga menawarkan berbagai produk media penyimpanan lain seperti SSD, USB flashdisk, hard disk, hingga aksesoris HP.
    Merek Adata juga memiliki reputasi cukup baik. Bahkan tahun 2017 sudah dinobatkan sebagai penghasil RAM terbesar setelah Kingston.

  1. Venom RX

    Venom RX merupakan perusahaan teknologi yang membuat komponen komputer seperti motherboard, casing, dan sudah pasti RAM. Sedangkan RAM dari Venom RX adalah salah satu RAM terbaik. Contohnya VENOM RX Sodim DDR3 4GB PC10600 dengan kompabilitas baik dari tipe DDR3 lama. Jika Anda berniat menambah kapasitas RAM laptop, Anda bisa mencoba Venom RX.

  1. Team Elite

    RAM dari Team Elite cukup diminati mereka yang memang menginginkan performa RAM yang baik, khususnya bagi para gamers. Kualitas yang dimiliki oleh RAM yang dibuat oleh Team Elite tergolong baik. Selain RAM sebagai produknya, Team Elite juga memproduksi banyak produk, seperti SD Card, SSD, flash disk, hingga power bank.
    Team Elite memiliki kualitas yang setara dengan Corsair, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Jika Anda membutuhkan RAM dengan kualitas yang sama dengan Corsair, Anda bisa mencoba RAM produk dari Team Elite.

  1. Crucial

    Crucial merupakan merek RAM yang dibuat oleh Micron Technology yang merupakan perusahaan asal Amerika yang memang bergerak pada industry semi konduktor. RAM yang paling terkenal dan dibuat oleh Micron Technology adalah Crucial Ballistix dengan kualitas yang bisa dibilang cukup baik.
    Crucial Ballistix bisa menjadi pilihan RAM bagi Anda, khususnya bagi para gamer PC yang membutuhkan RAM dengan kemampuan dan kualitas yang terbaik.

Selain beberapa merek RAM yang disebutkan di atas, masih ada banyak varian produk RAM dengan merek yang berbeda, seperti V-Gen, Lenovo, dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa mencari RAM dengan tipe yang Anda inginkan dan bisa menyesuaikan dana yang Anda miliki. Namun, merek RAM yang disebutkan di atas menjadi merek yang direkomendasikan bagi Anda.

Jika Anda seorang gamer yang membutuhkan RAM berkualitas, pilih salah satu dari beberapa pilihan di atas. Tentu saja Anda bisa memilih sesuai selera dan menyesuaikan kebutuhan hingga budget yang Anda miliki. Jika Anda seorang gamer sejati, tentu saja tahu mana RAM yang tepat untuk kebutuhan Anda sendiri sehingga bisa menjalankan game berat di perangkat komputer Anda tanpa ada kendala.

Sekian mengenai RAM gaming terbaik bagi Anda yang tengah mencari rekomendasi untuk kebutuhan RAM gaming pada perangkat komputer Anda. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda dalam menentukan mana RAM yang tepat untuk perangkat komputer sesuai dengan kebutuhan gaming Anda sendiri.

👉 TRENDING:  7 Rekomendasi Lensa Kamera Terbaik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.